Logo ABC

Julie Bishop Mundur dari Parlemen Australia

Mantan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengundurkan diri dari parlemen sebagai anggota dari daerah pemilihan Curtin.
Mantan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengundurkan diri dari parlemen sebagai anggota dari daerah pemilihan Curtin.
Sumber :
  • abc

Mantan menteri luar negeri Australia Julie Bishop mengumumkan pengunduran dirinya dari kancah politik federal Australia, dalam sebuah pernyataan mengejutkan setelah sesi sidang tanya jawab di parlemen federal Australia Kamis (21/2/2019).

Sejak kalah dalam pemilihan kepemimpinan di internal Partai Liberal tahun lalu, Julie Bishop menduduki posisi sebagai backbench di parlemen federal Australia.

Julie Bishop telah menguasai suara di daerah pemilihan Curtin, Perth Australia Barat sejak 1998 dan merupakan menteri luar negeri wanita pertama Australia.

Tokoh termasyhur dari Partai Liberal ini mengaku dirinya akan tetap mencalonkan diri dalam pemilihan umum Australia 2019, namun di hadapan anggota parlemen federal Australia Kamis (21/2/2019) ia mengaku bahwa baru-baru ini dirinya mempertimbangkan kembali masa depannya di parlemen dan ingin mengejar kehidupan di luar dunia politik.

"Adalah sebuah kehormatan besar bagi saya telah menjadi anggota parlemen terlama mewakili Curtin dan juga menjadi wakil pemimpin Partai Liberal, dan wanita pertama yang memegang peran itu, [dan] selama 11 tahun, lebih dari setengah dari seluruh karier politik saya," katanya pada Parlemen.

"Saya juga bangga dengan fakta bahwa saya adalah wanita pertama yang memperebutkan suara untuk kepemimpinan di Partai Liberal dalam 75 tahun sejarah partai Liberal."

Kepergian Bishop adalah kerugian yang signifikan bagi Koalisi karena koalisi akan menghadapi pemilihan umum tahun ini, mengingat popularitasnya yang kuat di kalangan publik dan juga keterampilan dalam hal penggalangan dana untuk partai.