Logo ABC

Kim Jong-un Harus Beri Komitmen Jelas dalam Pertemuan dengan Trump

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melambaikan tangan dari kereta yang akan membawanya ke perbatasan China-Vietnam guna menghadiri KTT dengan Presiden Trump hari Kamis.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melambaikan tangan dari kereta yang akan membawanya ke perbatasan China-Vietnam guna menghadiri KTT dengan Presiden Trump hari Kamis.
Sumber :
  • abc

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un harus memberikan komitmen yang jelas dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pertemuan di Vietnam, menurut beberapa analis.

KTT Kim-Trump kedua AS menurunkan skala latihan militer dengan Korea Selatan, tapi tidak menghentikannya Korea Utara membongkar alat peluncur senjata nuklir namun tidak melanjutkan dengan yang lain pencabutan sanksi adalah permintaan utama Korea Utara dalam KTT ini

Bila tidak, kesempatan untuk adanya pertemuan serupa di masa depan akan hilang.

Kim sedang berada di bawah tekanan dari Amerika Serikat dan kekuatan lain di kawasan untuk tidak mengulangi kebuntuan dalam KTT pertama di Singapura tahun lalu yang berakhir dengan pernyataan yang tidak jelas, dan sedikitnya kemajuan setelah itu.

Sementara Presiden Trump menurunkan harapan bahwa pertemuan hari Kamis ini akan menghasilkan kemajuan berarti. Namun pertemuan di masa depan tidak akan terjadi bila Gedung Putih melihat pertemuan di Hanoi hanya sebagai kesempatan berfoto bersama saja.

Presiden Trump dan Kim Jong-un akan bertemu di Ibu Kota Vietnam Hanoi dalam KTT dua hari, Rabu dan Kamis (27-28/2/2019).

"Saya kira ini kesempatan terakhir bagi Kim Jong-un untuk menggunakan kesempatan dan secara berani memutuskan menghentikan senjata nuklir, dan bergabung dengan masyarakat internasional." kata Lee Seong-hyon, analis di Sejong Institute di ibukota Korea Selatan, Seoul.