Logo BBC

Aturan di Italia: Tidak Divaksinasi, Tidak Boleh Sekolah

Undang-Undang baru di Italia mewajibkan seorang anak mendapat 10 jenis vaksinasi.-Getty Images
Undang-Undang baru di Italia mewajibkan seorang anak mendapat 10 jenis vaksinasi.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Para orang tua di Italia diwanti-wanti bahwa anak mereka tidak akan diizinkan masuk sekolah jika belum mendapat vaksinasi.

Jika nekad mengirimkan anak yang belum divaksinasi ke sekolah, orang tua akan didenda hingga 500 euro atau setara dengan Rp8 juta.

Pemberlakuan larangan ini ditetapkan di tengah peningkatan kasus campak. Namun para pejabat Italia mengklaim jumlah vaksinasi telah bertambah sejak larangan diterapkan.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Lorenzin – dinamai demikian karena yang mengusulkan UU itu adalah mantan menteri kesehatan Italia, Beatrice Lorenzin – semua anak harus menerima sejumlah imunisasi wajib sebelum datang ke sekolah. Imunisasi itu mencakup vaksin cacar air, polio, campak, gondok, dan rubella.

Melalui UU itu pula, anak-anak hingga usia enam tahun tidak akan diperbolehkan masuk PAUD dan taman kanak-kanak tanpa ada bukti telah menerima vaksinasi.

Anak yang berusia enam hingga 16 tahun tidak dapat dilarang masuk sekolah, namun orang tua mereka akan didenda jika si anak tidak menerima imunisasi wajib.

Tenggat mendapat bukti vaksinasi semula dijadwalkan jatuh pada 10 Maret, namun diperpanjang hingga Senin.