Logo BBC

Terungkap, Dokter Era Nazi Simpan 300 Potongan Kecil Tubuh Tahanan

- GERMAN RESISTANCE MEMORIAL CENTER, GDW
- GERMAN RESISTANCE MEMORIAL CENTER, GDW
Sumber :
  • bbc

Lebih dari 300 potongan kecil jaringan tubuh para tahanan yang dieksekusi di Kota Berlin pada era Nazi akan dimakamkan hari Senin ini.

Contoh jaringan tubuh manusia itu ditemukan dalam slide mikroskopis di rumah Hermann Stieve - seorang profesor anatomi di rumah sakit Universitas Charite.

Ahli waris dokter, yang meninggal pada tahun 1952, menemukan koleksi tersebut pada 2016.

Para peneliti mengatakan Stieve secara sistematis bekerja sama dengan Nazi untuk menerima jasad 184 orang, kebanyakan perempuan yang dieksekusi karena melakukan perlawanan politik.

Potongan kecil jaringan manusia - paling panjang kurang dari satu milimeter - ditemukan di rumah Stieve, disimpan dalam kotak kecil warna hitam, yang di antaranya mencantumkan beberapa nama korban.

Setelah ditemukan, potongan-potongan kecil jaringan tubuh itu diserahkan kepada rumah sakit Universitas Charite di Berlin, yang kemudian menugaskan staf di (GRMC)untuk meneliti sejarah mereka.

Hasil penelitian yang dipimpin direktur GRMC, Prof Johannes Tuchel mengungkapkan jasad-jasad mereka dibawa dalam truk dan diberikan kepada Stieve.