Logo BBC

Hutan Seluas Lapangan Sepak Bola di Amazon Brasil Hilang Setiap Menit

Setiap lahan seluas lapangan sepak bola dilaporkan hilang dalam setiap menit.
Setiap lahan seluas lapangan sepak bola dilaporkan hilang dalam setiap menit.
Sumber :

Tingkat kerusakan hutan di kawasan Amazon, Brasil, dilaporkan meningkat tajam selama enam bulan berturut-turut tahun ini. Data satelit menunjukkan, hutan-hutan seluas lapangan sepak bola ditebang setiap menit.

Deforestasi atau penebangan hutan semakin meningkat karena presiden Brasil yang berasal dari sayap kanan "lebih menyukai pembangunan ketimbang konservasi". Padahal, Amazon, hutan hujan terbesar di dunia, menyimpan cadangan karbon penting untuk memperlambat laju pemanasan global.

Seorang pejabat senior Brasil, yang namanya dirahasiakan, mengatakan kepada kami bahwa pemerintahnya mendorong deforestasi.

Bagaimana hutan itu ditebangi?

Selain menggunakan buldoser, penggundulan hutan biasanya dilakukan dengan cara mendorong paksa akar pohon tersebut keluar dari tanah, atau dengan gergaji mesin.

Di sebuah tanah yang membentang luas, kami menemukan pohon-pohon raksasa yang sudah ditebangi dibiarkan tergeletak di bawah terik matahari. Sebagian besar daun-daunnya masih hijau.

Nantinya, pohon-pohon ini akan dipotong menjadi kayu, lalu dijual atau dibakar, dan lahannya disiapkan untuk pertanian. Sementara di tempat lain, para pembalak liar membuat jalan baru melewati semak belukar untuk bisa menemukan pohon-pohon berkualitas untuk dijual di pasar gelap, yang kerap dipesan banyak orang.

Apa artinya ini untuk hutan?