Kebakaran Besar, Ini 5 Fakta Soal Hutan Amazon

hutan amazon
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini, hutan hujan Amazon di Brasil, tengah mengalami kebakaran hebat. Berdasarkan data dari Institut Nasional untuk Riset Ruang atau INPE, jumlah kebakaran mengalami peningkatan hingga pertengahan tahun ini.

Ular Terbesar di Dunia Ditemukan, Bikin Kepo Orang-orang

Menurut INPE, seperti dikutip dari Science Alert, Kamis 22 Agustus 2019, ada 72.843 kebakaran di Brasil antara Januari dan Agustus tahun ini, di mana lebih dari setengahnya terjadi di wilayah Amazon. Artinya, terdapat peningkatan sekitar 84 persen pada periode yang sama tahun lalu. Angka ini juga dua kali lebih besar sejak pencatatan dilakukan pada 2013.

Padahal, sebelum terbakar, Amazon terkenal sebagai salah satu hutan hujan tropis terbesar yang tersisa di dunia. Bahkan, hutan ini dihuni oleh tiga juta spesies flora dan fauna. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima pesona hutan Amazon sebelum terbakar.

Nasib Pria Setelah 4 Hari Digigit Ular Sangat Beracun

Rumah bagi sejumlah hewan mematikan dan langka

Hutan ini menjadi habitat beberapa hewan langka, di antaranya anaconda yang dikenal sebagai ular terbesar, terberat, dan paling kuat di dunia. Selain itu, di hutan ini juga hidup spesies lain, seperti nyamuk Amazon, jaguar, black caiman yaitu reptil yang menyerupai buaya dan piranha.

Amazon di Ambang Kritis

Paru-paru dunia

Amazon sering disebut sebagai paru-paru dunia, lantaran menghasilkan 20 persen oksigen di atmosfer Bumi. Fungsi hutan hujan ini untuk memperlambat pemanasan global, serta rumah bagi spesies flora dan fauna yang tidak terhitung jumlahnya.

Hutan hujan terbesar di dunia

Hutan Amazon memiliki ukuran setengah dari Amerika Serikat, tepatnya hutan ini memiliki luas 5,5 juta kilometer persegi dan berada di sembilan negara sekaligus. Makanya, tidak heran jika Amazon disebut sebagai hutan hujan terbesar di dunia.

Sering dijadikan lokasi film

Wilayahnya yang masih alami, menjadikan hutan ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting berbagai film, di antaranya Amazonia (2013), The Emerald Forest (1985), The Lost City of Z (2016), Embrace of the Serpent (2015), The Mission (1986), dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata yang memesona

Sebelum terbakar, Amazon dijadikan sebagai destinasi wisata. Ada dua pilihan, menginap di tengah hutan atau bermalam di sebuah kapal mewah untuk menyusuri Sungai Amazon. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah sambil menikmati alam Amazon yang mengagumkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya