Logo ABC

Indahnya Lihat Islam dan Yahudi Bersatu

Museum Islam dan Museum Yahudi di Melbourne bikin program bersama mempertemukan murid-murid Yahudi dan Muslim dari dua sekolah.
Museum Islam dan Museum Yahudi di Melbourne bikin program bersama mempertemukan murid-murid Yahudi dan Muslim dari dua sekolah.
Sumber :
  • abc

Ketika ditanya setelah bertemu pelajar keturunan Yahudi, seorang remaja putri beragama Islam bernama Ekteena memberikan jawaban yang sederhana.

"Kami sama-sama suka anjing daripada kucing, kami senang pergi sekolah, kami lebih suka musim dingin dibanding musim panas, karena kami bisa tidur-tiduran dengan selimut tebal." kata Ekteena kepada ABC.

"Banyak hal yang sama di antara kami”.

Tanpa disadari, Ekteena sudah menyampaikan apa yang sebenarnya ingin dilakukan oleh dua museum nasional Islam dan Yahudi di Australia.

Kedua museum yang sama-sama berlokasi di Melbourne tersebut membuat sebuah program bernama "Museum Together", yang ingin menunjukkan kepada dunia komunitas Islam dan Yahudi lebih banyak memiliki kesamaan dibandingkan perbedaan.

Lewat program ini, murid dari dua sekolah, yaitu King David School, sebuah sekolah Yahudi, dan Sirius College, yang mayoritas muridnya adalah Muslim saling bertemu untuk mengenal budaya dan agama satu sama lain.

Mereka juga kemudian dilatih untuk menjadi pemandu di masing-masing museum yang sesuai dengan agama mereka.