Tak Peduli Lockdown, Ratusan Ribu Orang Hadiri Permakaman Ulama

Faridpur, Bangladesh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lebih dari 100 ribu orang dikabarkan melanggar aturan pemerintah Bangladesh yang telah melakukan lockdown untuk memutus penyebaran virus Corona COVID-19 di negara itu. Orang-orang itu bahkanmenghadiri permakaman seorang pemimpin partai Islam di distrik Brahmanbaria.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikutip dari CNN Amerika, ratusan orang yang menghadiri pemakaman itu telah dikonfirmasi oleh asisten khusus perdana menteri, Shah Ali Farhad dan juru bicara Kepolisian Brahmanbaria, Imtiaz Ahmed.

Acara pemakaman Maulana Zubayer Ahmad Ansari yang merupakan pemuka agama Islam itu digelar pada Sabtu, 18 April 2020 lalu dan telah melanggar aturan negara yang melarang orang-orang berkumpul lebih dari lima orang pada satu waktu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ribuan orang yang membanjiri jalan-jalan ke distrik Brahmanbaria itu dikhawatirkan dapat meningkatkan penularan virus Corona dalam jumlah besar. Menurut Mohammad Mamunul Haque, sekretaris jenderal bersama partai Islam  itu ribuan orang berjalan dari daerah sekitar untuk menghadiri pemakaman.

Kepolisian setempat tidak dapat mengendalikan kerumunan orang yang datang dari berbagai daerah. Sohel Rana, juru bicara Pusat Kepolisian menyampaikan jika polisi sedang melakukan penyelidikan bagaimana kerumunan orang yang begitu besar diizinkan untuk berkumpul.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sejak Minggu, 19 April 2020, otoritas Bangladesh menyampaikan telah ada 2.456 kasus positif COVID-19  dengan 91 kematian tetapi para pejabat mengatakan jumlah aktual kemungkinan lebih tinggi karena kurangnya alat uji Corona di negara itu.

Bangladesh juga telah menetapkan status lockdown nasional yang akan berlangsung hingga 25 April mendatang untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di negara itu.
 

Baca juga: 34 Santri Magetan Positif Corona setelah Kembali ke Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya