Logo BBC

Bahaya, Al Qaeda Coba Susupi Protes Black Lives Matter di AS

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Demo di depan kantor polisi di Seattle, negara bagian Washington.
Getty Images
Pembunuhan George Floyd diprotes oleh aktivis di AS

Kelompok teror Al-Qaeda secara aktif mencoba mengeksploitasi kerusuhan di Amerika Serikat belakangan ini dengan mendekati baik penganut agama Islam atau pun agama lain dengan merepresentasikan dirinya sebagai "pemimpin kaum yang tertindas."

Edisi terbaru majalah digital kelompok jihad tersebut, yang bertajuk Satu Umat (One Ummah), memuat pesan dukungan Al-Qaeda atas demo di AS. Mereka memanfaatkan foto ikonik momen-momen terakhir George Floyd dan sebuah gambar buatan seniman grafiti Banksy.

Edisi berbahasa Inggris tersebut, yang jelas ditujukan untuk audiens dalam negeri AS, memprediksi kejatuhan AS, sistem politik, ekonomi, dan masyarakatnya dalam waktu dekat.

"Protes bersenjata akan bermunculan di seluruh AS dan perang saudara tampaknya akan mulai," tulis sebuah kolom komentar. Salah satu pesannya berkata, "Partai Demokrat tidak bisa membantumu tapi kami bisa."

Mina Al-Lami dari BBC Monitoring mengatakan ada perbedaan antara pendekatan ak-Qaeda dengan saingan utamanya, kelompok Islamic State (IS). IS dengan lantang menyambut baik kerusuhan di AS dan memprediksi bahwa kisruh akan menyebar ke negara lain, sementara al-Qaeda lebih halus dengan mendekati dan mencoba mengonversi orang AS untuk pindah agama Islam versinya dan mendukung program-programnya, kata Mina.