Kasus Pembunuhan Ulama Sunni Pakistan Picu Konflik Sektarian

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, PAKISTAN--Maulana Adil Khan seorang Ulama Sunni tewas tertembak di daerah Shah Faisal Karachi, Ahad (11/10) malam. Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan menyebut motif pembunuhan ini sebagai upaya menciptakan konflik sekretarian di seluruh negeri.

Maulana Adil Khan adalah kepala sekolah Jamia Farooqia. Kematiannya menyusul ketegangan sektarian di Pakistan atas kutukan Sahaba selama Muharram dan beberapa pawai anti-Syiah yang mengikutinya.

Meskipun para pejabat menyalahkan India atas pembunuhan tersebut, banyak pula yang menyalahkan militan Syiah atas pembunuhan tersebut, meskipun hingga saat ini tidak ada bukti dari kasus tersebut.

Menurut polisi, korban saat itu sedang duduk di dalam sebuah Toyota Vigo, dengan kendaraan yang diparkir di luar pusat perbelanjaan Shama ketika tersangka yang mengendarai sepeda motor mendatanginya dan menembak korban dan sopirnya hingga tewas di tempat.

“Para pengendara sepeda motor mengincarnya. Sepertinya dia dibuntuti teroris,” kata polisi yang dikutip di 5 Pillars, Senin (12/10).

Kepala polisi, Ghulam Nabi Memon mengatakan bahwa saat kejadian ada tiga pengendara sepeda motor di lokasi kejadian, dan satu diantaranya menghampiri korban dan melepaskan tembakan.

"Kami sedang mengumpulkan pernyataan dari saksi mata," kata Memon.