Logo ABC

Pandemi COVID-19 Jadi Peluang Warga Australia Banting Setir Profesi

Jessica Nguyen menggunakan pengalamannya sebagai spesialis pemasaran merek dalam meluncurkan bisnisnya sendiri sebagai pegiat lepas kuliner.
Jessica Nguyen menggunakan pengalamannya sebagai spesialis pemasaran merek dalam meluncurkan bisnisnya sendiri sebagai pegiat lepas kuliner.
Sumber :
  • abc

Makanan telah menjadi andalan dalam kehidupan Jessica Nguyen, tetapi dia tidak pernah menyangka itu akan menjadi kariernya.

- Warga Australia memanfaatkan pandemi virus corona sebagai kesempatan untuk mengejar perubahan karier
- Sementara ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan, beberapa telah memutuskan untuk memperbaharui keterampilannya
- TAFE telah mencatat lonjakan pendaftaran di beberapa bidang pendidikan kesehatan

Lebih dari delapan bulan setelah pandemi, kini masakannya lah yang membayar tagihaan dan pengeluaran Jessica.

Dengan pengalaman selama satu dekade di bidang hubungan masyarakat dan pemasaran, wanita Melbourne ini bekerja dengan beberapa merek kecantikan paling terkenal di Australia, menikmati apa yang dia gambarkan sebagai kehidupan yang "nyaman".

Tapi, seperti ribuan orang Australia, dia mendadak diberhentikan dari pekerjaannya pada awal Maret, dan bergabung dengan orang-orang yang memutuskan untuk memulai kembali dari awal.

"Saat lockdown baru akan diberlakukan, saya mencoba mencari pekerjaan lain di bidang pemasaran atau humas," kata Jessica.

"Tapi kemudian terjadi lockdown, dan tidak ada perusahaan yang merekrut pekerja."

Alih-alih panik mencari posisi baru, Jessica menyesuaikan fokus keterampilannya.

"Saya suka memasak, jadi saya jadikan itu terapi atau hobi, sementara orang lain mungkin memilih melakukan yoga dan yang lainnya," ujarnya.

Dia mulai "memasak untuk keluar dari COVID" di tengah gelombang pertama COVID-19 di Melbourne, mengunggah resepnya di Instagram Stories sebagai panduan langkah demi langkah.

Food on a table with wine and candles Jessica Nguyen sekarang menawarkan tutorial resep dan sesi Zoom kepada jurumasak pemula. (Supplied)