Logo BBC

3 Pria Muslim AS Menang Gugatan Dilarang Naik Pesawat oleh FBI

Foto ilustrasi: Tiga orang warga AS beragama Islam sedang melakukan salat di salah-satu sudut kota New York, 22 Agustus 2020.-NOAM GALAI/GETTY
Foto ilustrasi: Tiga orang warga AS beragama Islam sedang melakukan salat di salah-satu sudut kota New York, 22 Agustus 2020.-NOAM GALAI/GETTY
Sumber :
  • bbc

Tiga pria Muslim yang mengaku mereka dimasukkan dalam daftar larangan terbang setelah menolak membantu FBI, telah memenangkan hak mereka untuk menuntut agen federal tersebut, demikian keputusan Mahkamah Agung AS.

Pengadilan mengatakan para pria itu, yang merupakan warga negara AS, dapat kembali mencari nafkah berdasarkan Undang-Undang Pemulihan Kebebasan Beragama.

Mereka - yang semuanya kehilangan pekerjaan karena masuk dalam daftar hitam - berpendapat bahwa FBI melanggar keyakinannya dengan menekan mereka agar memata-matai orang-orang Muslim lainnya.

Tidak ada satu pun dari para lelaki itu pernah dicurigai melakukan aktivitas yang melanggar hukum, kata pengacaranya.

Salah seorang dari mereka mengatakan dia tidak dapat mengunjungi ibunya yang sakit, sementara yang lain mengatakan tidak dapat menemui istrinya.

Para agen FBI kemungkinan masih berupaya menyelesaikan kasus ini melalui jalur di luar pengadilan, atau meminta kekebalan yang memenuhi syarat (qualified immunity).

Kekebalan yang memenuhi syarat adalah doktrin hukum yang melindungi petugas dari tanggung jawab pribadi karena melanggar hak konstitusional anggota masyarakat yang mereka tangkap.