Logo BBC

Mumi Anak Serigala Purba Utuh Hidup 56.000 Tahun Lalu Ditemukan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mumi anak serigala purba yang hidup sekitar 56.000 tahun lalu ditemukan di Kanada utara, kata para ilmuwan.

Tersembunyi di lapisan es selama puluhan ribu tahun, anak serigala betina itu ditemukan oleh seorang penambang emas di dekat kota Dawson di wilayah Yukon pada tahun 2016.

Sejak itu mumi anak serigala itu diberi nama Zhur, yang berarti serigala, dalam bahasa asli setempat di Tr`ondek Hwech`in, Yukon, salah-satu First Nation di Kanada.

Kini, para ilmuwan mengatakan anak serigala yang kulit, rambut dan giginya masih utuh, adalah "mumi serigala terlengkap yang pernah ditemukan".

"Dia pada dasarnya 100% utuh - yang hilang hanyalah matanya," kata penulis utama Profesor Julie Meachen, seorang paleontolog dan profesor anatomi di Des Moines University di Iowa, Kanada, kepada situs berita sains EurekAlert!. 

Menggunakan teknik yang beragam, tim ilmuwan tersebut dapat menentukan banyak aspek kehidupan anak serigala itu, mulai dari usia dan pola makan, hingga kemungkinan penyebab kematiannya.

Penemuan yang dipublikasikan di jurnal Current Biology pada Senin (21/12), menunjukkan anak serigala dan induknya memakan makanan dari sumber daya akuatik, termasuk ikan salmon.