Logo BBC

Kapal X-Press Pearl Berbendera Singapura Sebabkan Bencana Lingkungan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pada awal Juni, kapal kargo yang mengangkut bahan kimia terbakar di laut lepas Sri Lanka yang berpotensi menyebabkan bencana lingkungan selama puluhan tahun mendatang di negara itu, lapor wartawan BBC, Ranga Sirilal dan Andreas Illmer.

Kapal mulai tenggelam dalam foto tanggal 2 Juni 2021
EPA
Kapal mulai tenggelam ke dasar laut.

Kapal itu terbakar selama berhari-hari di lepas pantai Sri Lanka. Asap hitam pekat mengepul yang dapat dilihat dari jarak yang jauh dari lokasi kapal.

Namun kapal yang diberi nama X-Press Pearl itu sudah setengah tenggelam, lambung kapal berada di dasar laut.

Walaupun kobaran api telah padam, berbagai persoalan baru mengemuka.

Di atas kapal terdapat tumpukan peti kemas. Banyak petik kemas itu menyimpan bahan kimia yang amat berbahaya bagi lingkungan, bahkan sebagian sudah bocor ke laut dan memunculkan kekhawatiran bahan kimia itu mungkin meracuni kehidupan laut.

Di samping itu, berton-ton pelet plastik telah hanyut ke sejumlah pantai setempat. Tak hanya itu, ratusan ton bahan bakar untuk mesin disimpan di badan kapal yang tenggelam itu dan mungkin berisiko bocor ke laut.

Selain ancaman terhadap lingkungan, masyarakat setempat juga terancam bahaya, misalnya para nelayan.

"Kami adalah nelayan kecil-kecilan dan melaut setiap hari. Kami hanya bisa mendapatkan penghasilan jika kami menangkap ikan- jika tidak seluruh anggota keluarga kami akan kelaparan," kata seorang nelayan, Denish Rodrigo, kepada BBC.