Logo BBC

Suhu Terpanas dalam Sejarah, Laporan Kode Merah bagi Umat Manusia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Dampak merusak yang dilakukan oleh umat manusia terhadap iklim adalah "pernyataan fakta", kata ilmuwan PBB dalam sebuah studi penting.

Laporan itu mengatakan bahwa emisi gas yang membuat suhu Bumi menghangat saat ini kemungkinan akan melampaui batasan yang telah ditetapkan hanya dalam waktu 10 tahun.

drought
Reuters

Para penulis laporan ini juga menunjukkan bahwa kenaikan permukaan laut mendekati dua meter di akhir abad ini "tidak dapat terhindarkan".

Namun begitu, ada harapan baru bahwa pengurangan tajam emisi dari gas rumah kaca bisa menstabilkan kenaikan suhu.

Penilaian dari Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), terangkum dalam dokumen setebal 42 halaman dan dikenal dengan nama Ringkasan untuk Pembuat Kebijakan.

Laporan ini membuka serangkaian laporan lain yang akan diterbitkan dalam beberapa bulan mendatang dan merupakan tinjauan besar yang pertama dari segi sains perubahan iklim sejak 2013.

Studi ini diluncurkan kurang dari tiga bulan sebelum pertemuan iklim penting di Glasgow, Skotlandia, COP26.

arctic
Reuters
IPCC juga akan melihat keadaan kutub saat iklim terus menghangat.

"Laporan Kelompok Kerja 1 IPCC yang diterbitkan hari ini adalah kode merah untuk umat manusia," kata Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

"Jika kita menyatukan kekuatan sekarang, kita dapat menghindari bencana iklim. Tapi, seperti yang dijelaskan oleh laporan pada hari ini, tidak ada waktu untuk penundaan dan tidak ada ruang untuk alasan. Saya mengandalkan para pemimpin pemerintahan dan semua pihak terkait untuk memastikan COP26 berhasil."