Kronologi Kasus Gabby Petito, Hilang Misterius-Ditemukan Terbunuh

Gabby Petito.
Sumber :
  • Instagram @gabspetito

VIVA – Kasus menghilangnya Gabby Petito, selebgram asal Amerika Serikat (AS), belakangan ini viral dan membuat geger dunia, khususnya penduduk AS. Kabar terbaru, perempuan berusia 22 tahun itu ditemukan tewas terbunuh di dekat Taman Nasional Grand Teton.

Vicky Prasetyo Dilarikan ke RS, Sederet Artis Beri Doa

Sebelumnya, pemilik nama Gabrielle “Gabby” Petito itu diketahui tengah melakukan perjalanan lintas negara menggunakan mobil van dengan pria yang merupakan tunangannya, yakni Brian Laundrie.

Namun, di tengah perjalanan tersebut, Gabby Petito mendadak hilang secara misterius. Kabar hilangnya Petito pun mendadak membuat heboh warga sekitar. Terkait kasus misterius yang dialami oleh selebgram Gabby Petito, berikut ini VIVA merangkum kronologinya, seperti dikutip dari ABC News.

Fakta di Balik Kasus Viral Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur yang Berakhir Damai

Juni 2021 - Gabby Petito dan Brian Laundrie berencana untuk bepergian
Petito dan Laundrie meninggalkan rumah keluarga Laundrie di North Port, Florida di mana keduanya telah tinggal bersama kedua orang tua Laundrie selama satu tahun. Kepala Polisi North Port, Todd Garrison, mengatakan bahwa pasangan tersebut sudah merencanakan perjalanan mereka untuk bepergian lintas negara ke wilayah barat menggunakan van milik Petito.

Juli 2021 - Keduanya memulai perjalanan lintas negara
Tidak lama setelah merencanakan perjalanan lintas negara untuk mengunjungi berbagai taman nasional, mereka mulai merealisasikan rencana tersebut pada 2 Juli 2021. Destinasi pertama yang didatanginya adalah Colorado dan Utah.

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

Petito mengunggah foto saat mengunjungi wilayah tersebut pada 10 Juli 2021 dan mengatakan bahwa mereka tengah berada di Taman Nasional Great Sand Dunes, Colorado, AS. Dua minggu setelahnya, ia mengunggah foto dirinya yang sedang menikmati Mata Air Panas Mistik di Monroe, Utah.

12 Agustus 2021 - Gabby Petito dan Brian Laundrie sempat cekcok
Kepolisian Moab, Utah melaporkan adanya pertengkaran yang melibatkan pasangan bernama Petito dan Laundrie. Kantor Sheriff Grand County, Utah merilis rekaman seseorang yang mengatakan bahwa ia melihat Brian Laundrie diduga menampar Gabby Petito dan memukulnya di pinggir jalan.

“Kami sedang berkendara dan pria itu sedang menamparnya (Gabby). Dan kami menghentikan mobil kami. Mereka berlari ke pinggir jalan, lalu dia memukulnya, naik ke mobil, dan pergi,” ujar pria dalam rekaman yang dirilis polisi.

Kepala Departemen Kepolisian Moab, Bret Edge, mengatakan bahwa pihaknya merespons laporan saksi tersebut dan langsung mendatangi lokasi kejadian, di mana mereka berhasil menemukan Petito dan Laundrie.

Kepolisian Moab kemudian merilis bukti rekaman saat bertemu dengan pasangan tersebut. Keduanya mengaku bahwa mereka memang sempat bertengkar.

19 Agustus 2021 - Mengunggah video di YouTube
Petito dan Laundrie mengunggah video terbaru yang menayangkan perjalanan mereka di kanal YouTube mereka, yakni Nomadic Statik. Dalam video yang diberi judul VAN LIFE: Beginning Our Van Life Journey itu, Petito bercerita bagaimana mereka menghabiskan waktunya berpetualang dan hidup di dalam van berwarna putih.

24 Agustus 2021 - Gabby Petito terlihat terakhir kali
Pada 24 Agustus 2021, Petito terlihat check out dari sebuah hotel di Salt Lake City, Utah. menurut keterangan polisi, bukti rekaman CCTV tersebut merupakan kali terakhir ia dilaporkan terlihat dan masih hidup.

25 Agustus 2021 - Terakhir berkomunikasi dengan sang ibu
Ibu Petito, Nicole Schmidt, mengatakan bahwa ia terakhir berbicara dengan putrinya pada 25 Agustus 2021. Saat itu, Petito mengatakan bahwa ia dan Laundrie akan meninggalkan Utah dan melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Grand Teton dan Yellowstone di Wyoming.

“Ia terdengar baik-baik saja dan bersemangat untuk melanjutkan perjalanannya dan bersemangat untuk memulai kanal YouTubenya. Ia terdengar baik-baik saja,” ujar Schmidt sambil menangis.

Kepada polisi, keluarga Petito mengatakan bahwa putrinya tersebut selalu memberikan kabar terkait keberadaannya. Namun, komunikasi mereka menjadi jarang pada bulan Agustus. Schmidt mengatakan, ia sempat menerima pesan teks dari Petito, namun tidak ada foto atau rincian apapun. Karenanya, ia ragu bahwa pesan tersebut bukan dikirim oleh putrinya.

Di hari yang sama, Petito juga terakhir mengunggah fotonya di Instagram, tetapi tanpa keterangan lokasi apapun seperti biasanya.

27-30 Agustus 2021 - Petito hilang secara misterius
Otoritas federal dan negara bagian mengatakan bahwa para penyelidik yakin Petito menghilang di area sekitar Perkemahan Spread Creek Dispersed di Hutan Nasional Bridger-Teton di Wyoming. Untuk menemukan Petito, polisi sempat meminta bantuan publik melalui Twitter.

FBI mencari bantuan dari siapa saja yang pernah mengunjungi Perkemahan Penyebaran Spread Creek antara tanggal 27-30 Agustus 2021 yang mungkin telah melakukan kontak dengan Gabrielle ‘Gabby’ Petito atau pacarnya, atau yang mungkin telah melihat kendaraan mereka,” cuit FBI.

29 Agustus 2021 - Seorang saksi mengatakan pernah bertemu Brian Laundrie
Seorang saksi, Miranda Baker, mengatakan dalam sebuah video TikTok bahwa ia dan kekasihnya pernah memberikan tumpangan kepada Laundrie di Taman Nasional Grand Teton pada 29 Agustus 2021.

Baker mengklaim, Laundrie mengaku kepadanya bahwa ia berkemah selama berhari-hari seorang diri, sementara Petito fokus mengerjakan konten sosial media mereka dari dalam van.

1 September 2021 - Laundrie kembali ke rumah
Awal bulan September lalu, polisi mengatakan bahwa Laundrie pulang ke rumahnya yang terletak di Florida menggunakan van putih milik Petito seorang diri. Namun, Brian Laundrie tidak ingin buka suara terkait keberadaan tunangannya itu.

“Dua orang pergi bersama, satu orang kembali ke rumah, dan orang itu tidak mau diajak bekerja sama,” ujar Garrison dalam sebuah konferensi pers.

11 September 2021 - Keluarga Petito melaporkan kasus hilangnya Gabby Petito
Sepuluh hari usai kembalinya Laundrie ke rumah, keluarga Petito melaporkan kasus hilangnya Gabby Petito ke Departemen Kepolisian Suffolk di New York. 

Keluarga Petito, yang tinggal di Long Island, New York, mengatakan dalam laporannya bahwa sang putri terakhir berkomunikasi dengan teman dan keluarga saat berada di dekat Taman Nasional Grand Teton di Wyoming.

“Setiap hari pencarian Gabby terus berlanjut hingga keluarga Schmidt dan Petito semakin putus asa. Mereka terus mencari jawaban dan informasi terkait hilangnya putri mereka, sementara Brian duduk dengan nyaman di rumahnya,” ujar pengacara keluarga Petito, Richard Stafford.

14 September 2021 - Laundrie dan keluarganya mengaku tidak akan buka suara
Laundrie dan keluarga merilis pernyataan bahwa Brian Laundrie tidak akan buka suara mengikuti saran dari penasihatnya.

15 September 2021 - Laundrie ditetapkan sebagai tersangka
Kepolisian North Port mengumumkan bahwa Brian Laundrie telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun, sampai saat itu, ia tetap tidak mau membeberkan apapun kepada penyelidik dan polisi.

Pengacara keluarga Laundrie, Steven Bertolino, mengatakan bahwa pasangan korban memang kerap menjadi orang yang pertama kali dicurigai.

16 September 2021 - Keluarga Petito memohon kerja sama keluarga Laundrie
Pada 16 September 2021, keluarga Petito merilis surat untuk keluarga Laundrie untuk bersedia bekerja sama.

“Kami paham kalian sedang melewati masa-masa sulit dan ingin melindungi putra kalian. Kami memohon kalian untuk memposisikan diri sebagai kami. Kami tidak bisa tidur dan makan, dan hidup kami hancur,” demikian bunyi surat tersebut.

17 September 2021 - Laundrie dilaporkan menghilang
Tidak lama setelah mengumumkan tidak akan buka suara, keluarga Laundrie mengumumkan bahwa anaknya menghilang. Mereka mengaku sudah beberapa hari tidak melihat Laundrie. Menurut keterangan keluarga, Laundrie menghilang sejak 14 September 2021.

18 September 2021 - Polisi melakukan pencarian
Lebih dari 50 anggota kepolisian dan agen FBI dikerahkan untuk mencari keberadaan Brian Laundrie. Juru bicara Kepolisian North Police mengatakan, tujuan mereka adalah untuk menemukan Laundrie dan membawanya ke North Port.

19 dan 22 September 2021 - FBI menemukan jasad seorang wanita diduga Gabby Petito
Jasad seorang wanita ditemukan di Taman Nasional Bridger-Teton. Dalam rilis FBI, jenazah tersebut memiliki ciri-ciri yang mirip dengan Gabby Petito. Terbaru, polisi sudah mengonfirmasi bahwa jasad tersebut benar merupakan jasad perempuan asal Florida yang sempat menghilang secara misterius.

Polisi yakin bahwa Gabby Petito meninggal karena dibunuh. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut terkait penyebab kematiannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya