Stiker-stiker Peringatan Jaga Jarak di Masjidil Haram Dicopot

Petugas mencabut stiker jaga jarak di masjidil haram
Petugas mencabut stiker jaga jarak di masjidil haram
Sumber :
  • Arab News

VIVA – Pemerintah Arab Saudi mulai melonggarkan pembatasan yang selama ini berlaku demi mencegah penularan COVID-19. Kebijakan itu juga meliputi imbauan untuk menjaga jarak di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Bahkan, Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sudah mulai melepas stiker physical distancing di dalam Masjidil Haram.

Wakil Sekretaris Jenderal Manajemen Jemaah di Kepresidenan, Osama bin Mansour Al-Hujaili, mengatakan bahwa sejak awal pandemi, Kepresidenan telah bekerja untuk menerapkan sejumlah tindakan pencegahan dan langkah-langkah guna mengupayakan keselamatan pengunjung Masjidil Haram. Salah satunya dengan poster physical distancing yang disebar di seluruh Masjidil Haram.

Mulanya stiker-stiker dipasang untuk jaga jarak per dua meter. Kemudian pada medio tahap ketiga dikurangi jadi satu setengah meter.

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19
Photo :
  • Reasahalharamain

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19

Al-Hujaili menambahkan, bahwa stiker-stiker tersebut telah memberikan kontribusi yang besar terhadap operasi pengelompokan dan pengelolaan jemaah di dalam Masjidil Haram, melalui koridor, jalur jalan ibadah dan hal-hal lain yang ditata untuk menjaga keamanan bagi mereka yang pergi ke Tanah Suci.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Arab Saudi resmi mencabut aturan pembatasan yang selama ini diterapkan dalam upaya mencegah COVID-19, di antaranya mengizinkan warga untuk bergerak di luar ruangan tanpa mengenakan masker atau menjaga jarak sosial.