Logo BBC

Sensus India: Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki Dicap Mengejutkan

Sensus Penduduk India. Getty Images via BBC Indonesia
Sensus Penduduk India. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Benarkah jumlah perempuan di India saat ini lebih banyak dibanding laki-laki?

Survei Kesehatan Keluarga Nasional (NFHS) yang baru-baru ini dirilis oleh Pemerintah India menunjukkan bahwa terdapat 1.020 perempuan dari setiap 1.000 laki-laki di negara itu.

Meski demikian, para ahli menyarankan agar data tersebut ditafsirkan secara cermat, mengingat survei itu baru mencakup 630.000 dari total 300 juta rumah tangga di India. Gambaran yang sesungguhnya terkait rasio jenis kelamin baru bisa terlihat melalui hasil sensus resmi.

"Sensus akan mensurvei seluruh populasi, sehingga akan menghasilkan laporan yang lebih akurat mengenai rasio jenis kelamin secara keseluruhan," kata Direktur Yayasan Kependudukan India, Poonam Muttreja, kepada BBC.

Tetapi rasio dari hasil survei NFHS itu kepalang menjadi berita utama di India.

Beberapa pihak mengklaim bahwa angka itu menggambarkan pergeseran sosial yang signifikan, di mana masyarakat India secara historis cenderung menginginkan anak laki-laki sehingga rasio jenis kelamin populasi di negara itu juga lebih condong ke laki-laki.

Kementerian Kesehatan mengatakan ini pertama kalinya populasi perempuan melampaui populasi laki-laki di India. Menurut seorang pejabat Kementerian Kesehatan, hal ini merupakan hasil dari "upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan pemerintah".