Logo BBC

Bos Perusahaan AS Pecat 900 Karyawannya Melalui Zoom

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Bos dari perusahaan hipotek Better.com, yang berbasis di Amerika Serikat, dikritik karena memecat 900 stafnya melalui panggilan Zoom.

"Apabila Anda menerima panggilan ini, Anda adalah bagian dari kelompok tidak beruntung yang diberhentikan," kata Vishal Garg, CEO Better.com melalui panggilan Zoom yang kemudian tersebar di media sosial.

Pengguna media sosial kemudian menilai pemecatan tersebut sebagai cara yang "kejam" dan "mengerikan", apalagi dilakukan menjelang perayaan Natal.

"Terakhir kali saya melakukan ini [memecat karyawan], saya menangis, " kata Garg kepada stafnya.

"Saya berharap situasinya berbeda. Saya berharap kita mampu berkembang," lanjutnya, dengan suara yang tertata sambil melihat catatan di mejanya.

Garg beralasan pemecatan 15% karyawan Better.com itu didasari oleh kinerja dan produktivitas para staf, serta kondisi pasar yang terus berubah.

Namun, Garg tidak menyinggung suntikan dana sebesar US$750 juta (Rp10,7 triliun) yang diterima Better.com dari pemodal utamanya, Softbank, pada pekan lalu.

Better.com didirikan oleh Garg pada 2015 dan menjadi perusahaan yang menawarkan pemanfaatan teknologi agar proses pembelian rumah menjadi "lebih cepat dan lebih efisien".