Sejarahwan RI Bonnie Triyana Dilaporkan ke Polisi Belanda Gegara Ini

Sejarahwan Bonnie Triyana
Sumber :
  • https://ein-institute.org/

VIVA – Sejarawan asal Indonesia Bonnie Triyana dilaporkan ke polisi Belanda karena berpendapat tentang istilah "Periode bersiap". Dia dilaporkan oleh Federasi Hindia Belanda (FIN). Pernyataan soal ‘periode bersiap’ ini sudah ramai dibahas hingga parleman Belanda.

Bonnie Triyana Kulik 10 Warisan Kolonialisme yang Masih Membelenggu di RI

Diketahui, polemik ini muncul setelah Bonnie yang menghapus istilah 'bersiap' dalam pameran Revolusi! Indonesia Merdeka di Rijksmuseum. Bonnie sendiri merupakan kurator tamu di sana.

Profesor asal Belanda Ruben menilai pendapat Bonnie Triyana mengenai istilah "bersiap" dalam sejarah penjajahan oleh Belanda periode 1945-1946 merupakan tindakan yang tepat.

Belanda Akui Kemerdekaan RI 17 Agustus, Bonnie: Babak Baru Pemahaman Sejarah

Menurut dia, Sejarawan Indonesia itu sudah tepat berpendapat bahwa istilah "bersiap" berkonotasi Kolonial, bahkan berkonotasi rasis, kata Ruben seperti yang dikutip NRC, Senin 24 Januari 2022.

Diketahui, Istilah ini digunakan di negara Indonesia untuk periode kekerasan selama perjuangan kemerdekaan koloni kemudian Hindia Belanda. Di mata Bonnie Triyana, istilah ‘bersiap ‘nama itu kurang lebih rasis.

Sederet Pejuang Terhebat Sepanjang Sejarah, Mereka Berhasil Pertahankan Negaranya

"Karena istilah bersiap selalu menggambarkan orang Indonesia yang primitif dan tidak beradab sebagai pelaku kekerasan, yang tidak sepenuhnya bebas dari kebencian rasial".

Sejarawan Bonnie Triyana dapat Reiwa ke-5 dari Dubes Jepang untuk RI.

Promosikan Pemahaman Sejarah RI-Jepang, Bonnie Triyana Sabet Reiwa Award

Sejarawan Bonnie Triyana dinilai punya kontribusi dalam mempromosikan pemahaman sejarah bangsa RI dengan Jepang.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2023