Membantai 5 Juta Umat Muslim, Ini 10 Fakta Mengenai Genghis Khan

Genghis Khan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Genghis Khan adalah seorang yang haus darah. Meski demikian, Genghis Khan merangkul keragaman wilayah yang baru ditaklukkannya. Dia mengesahkan undang-undang yang menyatakan kebebasan beragama untuk semua. Jelajahi 10 fakta tentang seorang penguasa besar yang setara dengan jenius militer, negarawan politik, dan teror haus darah dikutip dari history.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

1. “Genghis” bukanlah nama sebenarnya

Orang yang akan menjadi "Khan Agung" bangsa Mongol lahir di sepanjang tepi Sungai Onon sekitar tahun 1162 dan awalnya bernama Temujin, yang berarti "dari besi" atau "pandai besi." Dia tidak mendapatkan nama kehormatan "Genghis Kahn" sampai 1206, ketika dia dinyatakan sebagai pemimpin bangsa Mongol pada pertemuan suku yang dikenal sebagai "kurultai." 

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Sementara "Khan" adalah gelar tradisional yang berarti "pemimpin" atau "penguasa", sejarawan masih tidak yakin tentang asal-usul "Genghis." Ini mungkin berarti "samudera" atau "adil," tetapi dalam konteksnya biasanya diterjemahkan sebagai "penguasa tertinggi" atau "penguasa universal."

2. Dia memiliki masa kecil yang sulit

Terungkap Alasan Jayabaya Jadi Raja Paling Terkenal di Kerajaan Kediri

Sejak usia dini, Genghis dipaksa untuk menghadapi kebrutalan kehidupan di Stepa Mongolia. Tatar saingan meracuni ayahnya ketika dia baru berusia sembilan tahun, dan sukunya sendiri kemudian mengusir keluarganya dan meninggalkan ibunya untuk membesarkan tujuh anaknya sendirian. 

Genghis tumbuh berburu dan mencari makan untuk bertahan hidup, dan sebagai remaja dia bahkan mungkin telah membunuh saudara tirinya sendiri dalam perselisihan tentang makanan. Selama masa remajanya, klan saingan menculik dia dan istri mudanya, dan Genghis menghabiskan waktu sebagai budak sebelum melarikan diri dengan berani. 

Terlepas dari semua kesulitan ini, pada awal usia 20-an ia telah membuktikan dirinya sebagai pejuang dan pemimpin yang tangguh. Setelah mengumpulkan pasukan pendukung, ia mulai menjalin aliansi dengan kepala suku-suku penting. Pada 1206, ia berhasil mengkonsolidasikan konfederasi stepa di bawah panjinya dan mulai mengalihkan perhatiannya ke penaklukan luar.

3. Tidak ada catatan pasti tentang seperti apa penampilannya

Untuk sosok berpengaruh seperti itu, sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Genghis Kahn atau bahkan penampilan fisiknya. Tidak ada potret atau pahatan kontemporer tentang dirinya yang bertahan, dan sedikit informasi yang dimiliki sejarawan seringkali kontradiktif atau tidak dapat diandalkan. 

Sebagian besar akun menggambarkannya sebagai tinggi dan kuat dengan surai rambut yang mengalir dan janggut yang panjang dan lebat. Mungkin deskripsi yang paling mengejutkan datang dari penulis sejarah Persia abad ke-14 Rashid al-Din, yang mengklaim Genghis memiliki rambut merah dan mata hijau. Kisah Al-Din dipertanyakan, dia tidak pernah bertemu langsung dengan Khan tetapi ciri-ciri mencolok ini tidak pernah terdengar di antara etnis Mongol yang beragam.

4. Beberapa jenderal yang paling dipercaya adalah mantan musuh

Khan Agung memiliki mata yang tajam untuk bakat, dan dia biasanya mempromosikan perwiranya pada keterampilan dan pengalaman daripada kelas, keturunan atau bahkan kesetiaan masa lalu. Salah satu contoh terkenal dari kepercayaan pada meritokrasi ini datang selama pertempuran 1201 melawan suku Taijut saingan, ketika Genghis hampir terbunuh setelah kudanya ditembak keluar dari bawahnya dengan panah. 

Ketika dia kemudian berbicara kepada para tahanan Taijut dan menuntut untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab, seorang tentara dengan berani berdiri dan mengaku sebagai penembaknya. Tergerak oleh keberanian pemanah, Genghis menjadikannya seorang perwira di pasukannya dan kemudian menjulukinya "Jebe," atau "panah," untuk menghormati pertemuan pertama mereka di medan perang. Bersama dengan Jenderal Subutai yang terkenal, Jebe kemudian menjadi salah satu komandan lapangan terbesar bangsa Mongol selama penaklukan mereka di Asia dan Eropa.

5. Dia jarang meninggalkan skor yang tidak pasti

Genghis Khan sering memberi kerajaan lain kesempatan untuk secara damai tunduk pada pemerintahan Mongol, tetapi dia tidak ragu-ragu untuk menjatuhkan pedang pada masyarakat mana pun yang menentang. Salah satu kampanye balas dendamnya yang paling terkenal terjadi pada tahun 1219, setelah Syah Kekaisaran Khwarezmid melanggar perjanjian dengan bangsa Mongol. 

Genghis telah menawarkan Shah perjanjian perdagangan yang berharga untuk bertukar barang di sepanjang Jalur Sutra, tetapi ketika utusan pertamanya dibunuh, Khan yang marah menanggapi dengan melepaskan kekuatan penuh gerombolan Mongol di wilayah Khwarezmid di Persia. Perang berikutnya menyebabkan jutaan orang tewas dan kerajaan Shah hancur total, tetapi Khan tidak berhenti di situ. 

Dia menindaklanjuti kemenangannya dengan kembali ke timur dan mengobarkan perang terhadap Tangut dari Xi Xia, sekelompok rakyat Mongol yang telah menolak perintahnya untuk menyediakan pasukan untuk invasinya ke Khwarizm. Setelah mengusir pasukan Tangut dan merebut ibu kota mereka, Khan Agung memerintahkan eksekusi seluruh keluarga kerajaan Tangut sebagai hukuman atas pembangkangan mereka.

6. Dia bertanggung jawab atas kematian sebanyak 40 juta orang

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak orang yang tewas selama penaklukan Mongol, banyak sejarawan menyebutkan jumlahnya sekitar 40 juta. Sensus dari Abad Pertengahan menunjukkan bahwa populasi China anjlok hingga puluhan juta selama masa hidup Khan, dan para sarjana memperkirakan bahwa ia mungkin telah membunuh tiga perempat penuh populasi Iran modern selama perangnya dengan Kekaisaran Khwarezmid. Semua mengatakan, serangan Mongol mungkin telah mengurangi seluruh populasi dunia sebanyak 11 persen.

7. Dia toleran terhadap agama yang berbeda

Tidak seperti banyak pembangun kerajaan, Genghis Khan merangkul keragaman wilayah yang baru ditaklukkannya. Dia mengesahkan undang-undang yang menyatakan kebebasan beragama untuk semua dan bahkan memberikan pembebasan pajak untuk tempat-tempat ibadah. Toleransi ini memiliki sisi politik. 

Khan tahu bahwa orang-orang yang bahagia lebih kecil kemungkinannya untuk memberontak, tetapi orang-orang Mongol juga memiliki sikap yang sangat liberal terhadap agama. Sementara Genghis dan banyak lainnya menganut sistem kepercayaan perdukunan yang memuja roh-roh langit, angin, dan pegunungan, orang-orang Stepa adalah kelompok yang beragam yang mencakup Kristen Nestorian, Buddha, Muslim, dan tradisi animisme lainnya. 

Khan Agung juga memiliki minat pribadi dalam spiritualitas. Dia dikenal berdoa di tendanya selama beberapa hari sebelum kampanye penting, dan dia sering bertemu dengan para pemimpin agama yang berbeda untuk membahas rincian agama mereka. Di usia tuanya, dia bahkan memanggil pemimpin Tao Qiu Chuji ke kampnya, dan pasangan itu konon memiliki percakapan panjang tentang keabadian dan filosofi.

8. Dia menciptakan salah satu sistem pos internasional pertama

Selain busur dan kuda, senjata paling ampuh bangsa Mongol mungkin adalah jaringan komunikasi mereka yang luas. Salah satu keputusannya yang paling awal sebagai Khan melibatkan pembentukan layanan kurir yang dikenal sebagai "Yam." Ekspres abad pertengahan ini terdiri dari serangkaian rumah pos dan stasiun jalan yang tertata rapi yang tersebar di seluruh Kekaisaran. 

Dengan berhenti untuk beristirahat atau melakukan pendakian baru setiap beberapa mil, pengendara resmi sering kali dapat melakukan perjalanan sejauh 200 mil sehari. Sistem memungkinkan barang dan informasi untuk bepergian dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi juga bertindak sebagai mata dan telinga Khan. 

Berkat Yam, dia dapat dengan mudah mengikuti perkembangan militer dan politik dan mempertahankan kontak dengan jaringan mata-mata dan pengintainya yang luas. Yam juga membantu melindungi pejabat dan pedagang asing selama perjalanan mereka. Di tahun-tahun berikutnya, layanan ini terkenal digunakan oleh orang-orang seperti Marco Polo dan John dari Plano Carpini.

9. Tidak ada yang tahu bagaimana dia meninggal atau di mana dia dimakamkan

Dari semua teka-teki seputar kehidupan Khan, mungkin yang paling terkenal adalah bagaimana kisah itu berakhir. Narasi tradisional mengatakan dia meninggal pada 1227 karena luka yang diderita saat jatuh dari kuda, tetapi sumber lain mencantumkan semuanya mulai dari malaria hingga luka panah di lutut. 

Salah satu akun yang lebih dipertanyakan bahkan mengklaim dia dibunuh ketika mencoba memaksakan dirinya pada seorang putri Cina. Namun dia meninggal, Khan bersusah payah untuk merahasiakan tempat peristirahatan terakhirnya. 

Menurut legenda, prosesi pemakamannya membantai semua orang yang mereka temui selama perjalanan mereka dan kemudian berulang kali menunggangi kuda di atas kuburannya untuk membantu menyembunyikannya. Makam itu kemungkinan besar berada di atau di sekitar gunung Mongolia yang disebut Burkhan Khaldun, tetapi hingga hari ini lokasi tepatnya tidak diketahui.

10. Soviet mencoba menghabisi ingatannya di Mongolia

Genghis Khan sekarang dipandang sebagai pahlawan nasional dan bapak pendiri Mongolia, tetapi selama era pemerintahan Soviet di abad ke-20, penyebutan namanya saja dilarang. Berharap untuk menghapus semua jejak nasionalisme Mongolia, Soviet mencoba untuk menekan ingatan Khan dengan menghapus ceritanya dari buku pelajaran sekolah dan melarang orang berziarah ke tempat kelahirannya di Khentii. 

Genghis Khan akhirnya dikembalikan ke sejarah Mongolia setelah negara itu memenangkan kemerdekaan pada awal 1990-an, dan sejak itu dia menjadi motif berulang dalam seni dan budaya populer. Khan Agung meminjamkan namanya ke bandara utama negara di kota Ulan Bator, dan potretnya bahkan muncul di mata uang Mongolia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya