Vladimir Putin Bakal Hadiri G20 di Bali, Ini Tanggapan Kemlu RI

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Kremlin Rusia

VIVA – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyumila Vorobieva sebelumnya mengatakan dalam konferensi pers yang diadakan pada Rabu 23 Maret 2022 bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan di Bali, Indonesia.

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

Kementerian Luar Negeri kemudian menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini akan tetap mengundang semua negara anggota dan tetap melaksanakan tugas Indonesia sebagai kedua presidensi.

“Presidensi G20 harus mengirimkan undangan kepada semua member. Ini berlaku sejak pendiriannya G20 tersebut. Tidak ada yang berubah, kita akan laksanakan tugas kita sebagai presiden,” kata Duta Besar RI sekaligus Staf Khusus Program Prioritas Kemlu dan Co-Sherpa G20 Indonesia, Triansyah Djani dalam acara press briefing virtual pada Kamis 24 Maret 2022.

Gandeng Pabrikan China, Emiten Ini Incar Pasar Truk Tambang dan Logistik RI

Dubes dan Staf Khusus Co-Sherpa G20 Indonesia, Triansyah Djani

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong
Kenali Perbedaan Karakter 3 Mobil Listrik Wuling

“Sebagai presidensi dan sesuai dengan presidensi-presidensi sebelumnya adalah untuk mengundang semua anggota G20, diplomasi Indonesia selalu didasarkan pada prinsip based on principal,” sambungnya.

Sebelumnya sempat ada seruan yang mencuat dari anggota G20 yang meminta Rusia untuk tidak diikut sertakan dalam blok ini. Namun, pihak China mengklaim bahwa kehadiran Rusia justru sangat penting dalam grup G20 tersebut.

Mengenai pendapat China ini, Tri menjelaskan bahwa dia tidak bisa memberikan tanggapan seberapa penting pandangan China tersebut terhadap Indonesia. Sebaliknya, Tri menekankan bahwa mengenai pendapat apa pun, sebagai bagian dari tugas presidensi mereka mendengarkan pandangan dan menerima konsultasi dari semua anggota G20.

“Kita bicara dengan semua anggota, lalu kita melaksanakan bilateral-bilateral untuk mencari pandangan. Sekali lagi saya ulangi untuk semuanya, mengenai apa yang perlu dilaksanakan terkait recovery, economic recovery, mengenai agenda prioritas kita. Saya rasa itu yang harus dipertanyakan,” ujar Tri.

KTT G20 yang presidensinya dipegang oleh Indonesia pada periode 2022 ini rencananya hajatan internasional itu akan dilaksanakan pada 30-31 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya