7 Fakta Utama Perang Pemberontak Houthi Yaman dengan Arab Saudi

Serangan Koalisi Arab Saudi menghancurkan Kamp Milisi Houthi di Yaman Utara
Sumber :
  • Twitter

VIVA –  Fakta Utama Perang Pemberontak Houthi Yaman dengan Arab Saudi. Dalam beberapa tahun terakhir, Yaman merupakan negara termiskin di dunia Arab dan telah dilanda perang berdarah antara pemberontak Houthi dan pendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Polisi Saudi Wanti-wanti Jemaah, Waspada Iklan Layanan Haji Palsu

Houthi dan pemerintah Yaman telah bertempur mati-matian sejak 2004, tetapi sebagian besar pertempuran terbatas pada kubu Houthi, di provinsi Saada yang miskin di Yaman utara.

Pada September 2014, Houthi menguasai ibu kota Yaman, Sanaa, dan terus bergerak ke selatan menuju kota terbesar kedua di negara itu, Aden Menanggapi kemajuan Houthi, koalisi negara-negara Arab meluncurkan kampanye militer pada tahun 2015 untuk mengalahkan Houthi dan memulihkan pemerintah Yaman.

Dirjen Ingin Petugas Imigrasi RI juga 'Ngantor' di Bandara Saudi saat Kepulangan Jemaah Haji

Berikut beberapa fakta utama pemberontak Houthi Yaman dengan Arab Saudi, seperti dilansir dari Aljazeera sebagai berikut:

1. Korban Sipil di Yaman Tinggi

Kloter 1 Embarkasi Surabaya Terbang ke Tanah Suci, Pj Gubernur Ingatkan Momen Istimewa Ibadah Haji

Seorang bocah memegang pecahan rudal di lokasi serangan Houthi di Marib, Yaman.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Ali Owidha

Pada 26 Maret 2018, setidaknya sekitar 10.000 warga Yaman telah tewas dalam pertempuran itu, dan lebih dari sekitar 40.000 korban secara keseluruhan.

Sulit mendapatkan informasi akurat tentang jumlah korban tewas, tetapi Save The Children memperkirakan setidaknya 50.000 anak meninggal pada tahun 2017, rata-rata 130 setiap hari.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, memperkirakan bahwa serangan udara koalisi pimpinan Saudi menyebabkan hampir dua pertiga dari kematian warga sipil yang dilaporkan, sementara Houthi telah dituduh menyebabkan korban sipil massal karena pengepungan pemberontak Houthi di Taiz, kota terbesar ketiga di Yaman.

2. Jutaan Orang Yaman Telah Mengungsi

Serangan Koalisi Arab Saudi menghancurkan Kamp Milisi Houthi di Yaman Utara

Photo :
  • Twitter

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), memperkirakan bahwa lebih dari 3 juta orang Yaman telah meninggalkan rumah mereka ke tempat lain di negara itu, dan 280.000 telah mencari suaka di negara lain, termasuk Djibouti dan Somalia.

Seperti dilansir Al Jazeera, pengungsi Yaman seringkali harus mengatasi kekurangan makanan dan tempat tinggal yang tidak memadai. Banyak warga Yaman yang belum mengungsi, menderita, terutama mereka yang membutuhkan perawatan kesehatan.

3. Banyak Negara Asing Terlibat Dalam Perang Yaman.

VIVA Militer: Milisi Houthi di Yaman.

Photo :

Pada 2015, Arab Saudi membentuk koalisi negara-negara Arab untuk mengalahkan Houthi di Yaman. Koalisi tersebut mencakup Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, Maroko, Yordania, Sudan, dan Senegal. Beberapa dari negara-negara ini telah mengirim pasukan untuk berperang di Yaman, sementara yang lain hanya melakukan serangan udara.

Pemerintah AS secara teratur melancarkan serangan udara terhadap target al-Qaeda dan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) di Yaman, dan baru-baru ini mengakui telah menyerahkan sejumlah kecil pasukan di darat. AS, bersama dengan kekuatan barat lainnya seperti Inggris dan Prancis, juga telah memasok senjata dan intelijen kepada koalisi pimpinan Saudi.

Iran telah membantah mempersenjatai pemberontak Houthi, tetapi militer AS mengatakan telah mencegat pengiriman senjata dari Iran ke Yaman Maret ini, mengklaim itu adalah ketiga kalinya dalam dua bulan bahwa ini telah terjadi. Para pejabat Iran juga menyarankan agar mereka mengirim penasihat militer untuk mendukung Houthi.

4. Peristiwa di Yaman, Disebut Perang Dingin Arab Saudi dengan Iran

VIVA Militer: Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

Photo :
  • Fox News

Arab Saudi berbagi perbatasan yang panjang dan keropos dengan Yaman, dan takut akan apa yang dilihatnya sebagai ekspansionisme Iran melalui dukungannya untuk kelompok bersenjata Syiah. Para komentator di negara-negara Teluk Arab sering mengklaim bahwa Iran sekarang menguasai empat ibu kota Teluk Arab diantaranya Baghdad, Damaskus, Beirut dan Sanaa.

Di Suriah, pemberontak yang didukung Saudi berperang melawan pemerintah Bashar al-Assad, yang didukung oleh Iran. Lebanon adalah arena konflik lain, Iran mensponsori Hizbullah, milisi Syiah dan gerakan politik, sementara Arab Saudi mendukung Gerakan Masa Depan yang didominasi Sunni.

Ketegangan antara Arab Saudi dan Iran meningkat lebih jauh awal tahun ini, ketika Arab Saudi mengeksekusi pemimpin Muslim Syiah Nimr al-Nimr dan pengunjuk rasa Iran menyerang kedutaan Saudi di Teheran.

5. Perang Yaman Jauh Lebih Kompleks Daripada Konflik Saudi-Iran, Sunni-Syiah

VIVA Militer: Tentara bayaran Turki di Suriah

Photo :
  • Defense News

Yaman diperintah oleh para imam Syiah Zaydi hingga tahun 1962, dan Houthi didirikan sebagai gerakan kebangkitan Zaydi Syiah. Namun, Houthi belum menyerukan untuk memulihkan imamah di Yaman, dan keluhan agama belum menjadi faktor utama dalam perang. Sebaliknya, tuntutan Houthi terutama bersifat ekonomi dan politik.

Pada 2013, Konferensi Dialog Nasional Yaman diluncurkan, dan ditugaskan untuk menulis konstitusi baru dan menciptakan sistem politik federal. Tetapi Houthi menarik diri dari proses tersebut karena meninggalkan pemerintahan transisi Yaman. Hal-hal yang mengobarkan lebih lanjut adalah fakta bahwa dua perwakilan Houthi dibunuh selama proses konferensi.

Keputusan pemerintah untuk mencabut subsidi bahan bakar pada Juli 2014 membuat marah publik Yaman dan memicu protes jalanan besar-besaran oleh para pendukung Houthi dan lainnya, yang menuntut agar pemerintah mundur. Houthi melanjutkan untuk mengambil alih Sanaa pada bulan September, memaksa pemerintah untuk melarikan diri.

Houthi dibantu dalam kemajuan mereka oleh mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, yang digulingkan oleh protes pada tahun 2011, dan para pendukungnya.

6. Al-Qaeda dan ISIS Telah Menyebar Akibat Kekacauan di Yaman

VIVA Militer: Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

Photo :
  • Independent.co.uk

Yaman telah lama menjadi rumah bagi jaringan al-Qaeda, yang dianggap sebagai salah satu cabang organisasi yang paling berbahaya. Namun kelompok bersenjata itu mampu memperluas jejaknya di Yaman di tengah kekacauan setelah penggulingan Saleh pada tahun 2011, mengambil alih wilayah di Yaman selatan.

Sejak dimulainya perang tahun lalu, al-Qaeda telah melancarkan beberapa serangan terhadap pemberontak Houthi, yang dianggap kafir. Pada 2015, al-Qaeda mengambil alih Mukalla, merupakan Ibu Kota terbesar kelima di Yaman. Namun, pada April 2016, 2.000 tentara Yaman dan Emirat melancarkan serangan darat ke Mukalla dan mengusir al-Qaeda dari kota tersebut.

ISIS mengumumkan pembentukan wilayah, atau negara bagian, di Yaman pada Desember 2014. Pada Maret 2015, ISIS mengklaim serangan pertamanya di Yaman, bom bunuh diri di dua masjid Sana'a yang digunakan oleh Muslim Syiah Zaydi, yang menewaskan lebih dari 140 orang.

7. Memberikan Bantuan Kepada Warga Sipil di Yaman Sangat Sulit

VIVA Militer: Keluarga korban perang Suriah.

Photo :

Di seluruh Yaman, organisasi bantuan menghadapi hambatan besar untuk membantu warga Yaman yang membutuhkan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya. Pengepungan Houthi di beberapa bagian kota Taiz telah mencegah pasokan medis penting tiba.

Arab Saudi telah menahan kelompok-kelompok bantuan untuk segera meninggalkan daerah-daerah Yaman yang dikuasai pemberontak, dengan mengatakan bahwa disana sangat berbahaya. Pada Januari 2016, sebuah rumah sakit Doctors Without Borders terkena roket, menewaskan empat orang. Sebuah pemboman yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Saudi melukai sedikitnya enam orang di sebuah rumah sakit yang dijalankan oleh Doctors Without Borders pada Oktober 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya