10 Fakta Mengejutkan Tentang Siberia, Ada Bom Mematikan?

Danau Baikal - Siberia
Danau Baikal - Siberia
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Orang-orang mengira Siberia adalah gurun es yang sunyi. Namun, beberapa orang menyukai keterasingannya, penduduk setempat yang murung, dan keanehan tempat itu. Siberia adalah wilayah yang luas di Rusia dan Kazakhstan utara yang merupakan hampir seluruh Asia utara. 

Itu memanjang ke timur dari Pegunungan Ural ke Samudra Pasifik dan ke selatan dari Samudra Arktik ke perbukitan Kazakhstan utara-tengah dan perbatasan Mongolia dan Cina.

Kini Siberia menjadi tujuan wisata karena keindahan alamnya yang luas. Nama Siberia berasal dari kata sibir yang berarti tanah tidur (atau tenang). Semua kecuali wilayah barat daya Siberia yang ekstrem terletak di Rusia, dan mencakup sekitar 75% wilayah negara itu. Melansir dari reckontalk, berikut beberapa fakta keren & menakjubkan tentang Siberia.

1. Luas Siberia

Kawah misterius di Siberia.

Kawah misterius di Siberia.

Photo :
  • U-Report

Luas Siberia adalah 9.734 ribu km persegi. Ini adalah 57% dari seluruh Rusia. Dengan luas permukaan Siberia hanya sebanding dengan Kanada, yang merupakan negara terbesar kedua di dunia. Siberia adalah satu-satunya laut air tawar dari jenisnya.

2. Danau Baikal