5 Fakta Menarik Kelompok Taliban yang Kamu Harus Tahu

Pasukan Taliban dengan seragam taktikal bersenjata di Kabul Afghanistan
Sumber :
  • Twitter @TalibanSoldiers

VIVA – Fakta menarik kelompok Taliban, Taliban yang memiliki 'Siswa' dalam bahasa Pashto, kemuncul Taliban pada tahun 1994 di sekitar kota Kandahar, Afghanistan selatan. Itu merupakan salah satu perwakilan yang ikut berperang dalam perang saudara untuk menguasai negara setelah runtuhnya Uni Soviet dan pemerintahannya.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Sebelum Taliban dibentuk, dulu namanya Mujahidin hal ini bertujuan untuk mengusir Uni Soviet dari Afganistan. Para Muajhidin dibantu oleh pasukan Amerika Serikat pada tahun 1980, yang pada akhirnya negara yang menjadi rusia itu pun mundur dari Afghanistan.

Dalam waktu dua tahun, Taliban telah memperoleh kendali tunggal atas sebagian besar Afghanistan, memproklamasikan menjadikan negara Islam tahun 1996 dengan dengan menggunakan hukum-hukum Islam. kemukakan beberapa Kelompok mujahidin lainnya mundur ke bagian utara Afghanistan yang tidak menyetujui hal itu.

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat oleh Al Qaeda, Pasukan Amerika Serikat langsung menyerbu Ibukota Afghanistan, Kabul pada bulan November dengan serangkai serangan udara yang dilakukan oleh Militer AS.

Taliban terus menyebarkan ideologinya dan menyebar ke beberapa daerah kecil, dimana Taliban sudah merencanakan pemberontakan melawan pemerintah Afghanistan yang sudah berkuasa selama 20 tahun dan sekutu baratnya.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Pendiri dan pemimpin asli Taliban adalah Mullah Mohammad Omar, yang bersembunyi setelah Taliban digulingkan. Begitu rahasia, keberadaan, sehingga kematiannya pada tahun 2013, baru dikonfirmasi dua tahun kemudian oleh putranya, berikut beberapa fakta menarik kelompok taliban yang kamu harus tau, seperti dikutip dari Historyhit sebagai berikut:

1. Taliban Muncul Awal 1990 an

Pasukan Taliban di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww.

Taliban pertama kali muncul pada awal 1990 an di Pakistan utara setelah Uni Soviet menarik pasukannya dari Afghanistan. kemungkinan besar gerakan ini pertama kali muncul di doktrin mengenai agama dan kelompok pendidikan yang didanai oleh Arab Saudi. Para anggotanya mempraktikkan bentuk Islam Sunni yang ketat.

Di daerah Pashtun, Taliban berjanji untuk memulihkan perdamaian dan keamanan serta akan menegakan hukum Islam. Pakistan percaya bahwa Taliban akan membantu Pakistan dalam mencegah pembentukan pemerintah pro-India di Kabul dan Taliban akan menyerang India atas nama islam.

2. Taliban Memiliki Arti 'Siswa' Dalam Bahasa Pashto

VIVA Militer: Amunisi ejuang Taliban Afghanistan

Photo :
  • Al Bawaba

Kata 'Taliban' adalah bentuk jamak dari 'Talib', yang berarti 'Siswa' dalam bahasa Pashto. Namanya diambil dari keanggotaannya, yang awalnya sebagian besar terdiri dari siswa yang dilatih di seminar agama dan kelompok pendidikan. Banyak sekolah agama Islam telah didirikan untuk pengungsi Afghanistan pada 1980-an di Pakistan utara.

3. Kebanyakan Anggota Taliban adalah Pashtun

Pasukan Taliban dengan seragam taktikal bersenjata menguasai Kabul Afghanistan

Photo :
  • Twitter @TalibanSoldiers

Sebagian besar Anggota Taliban adalah Pashtun, Pashtun atau bisa disebut juga Pathan atau kelompok etnis Afganistan yang populasinya berada di daerah Timur dan Selatan Afganistan, kemudian di provinsi perbatasan barat laut serta Balochistan yang merupakan provinsi dari Pakistan, sedangkan penggunaan bahasanya, kelompok Taliban menggunakan bahasa Iran Timur, tidak jauh dengan bahasa Arab pada umumnya.

4. Taliban Melindungi Pemimpin Al-Qaeda, Osama Bin Laden

Osama Bin Laden.

Photo :
  • U-Report

Osama bin Laden, pendiri dan mantan pemimpin al-Qaeda, dicari oleh FBI setelah ia muncul dalam daftar sepuluh Buronan Paling Dicari oleh FBI pada tahun 1999. Osama Bin Laden ikut keterlibatannya dalam serangan Menara Kembar pada 11 September 2001, perburuan Osama bin Laden meningkat, setelah menjadi orang yang paling diincar di oleh FBI, Osama Bin Laden memutuskan untuk sembunyi dari media.

Terlepas dari tekanan internasional, sanksi dan upaya pembunuhan, Taliban menolak untuk menyerahkannya. Hanya setelah 8 hari pengeboman intensif AS, Afghanistan menawarkan pertukaran Osama bin Laden dengan imbalan gencatan senjata. Presiden Amerika saat itu George Bush menolak.

Dengan bersembunyinya Osama Bin Laden menjadikan sebuah perburuan terbesar dalam sejarah, Osama Bin Laden bisa lolos dari pencarian selama 10 tahun, hingga pada akhirnya salah satu pengikut dari Osama Bin Laden diikuti oleh tentara AS kemudian Osama Bin Laden langsung di tembak mati ditempat.

5. Taliban menghancurkan Buddha Bamiyan

Patung Buddha Bamiyan

Photo :
  • U-Report

Taliban telah menghancurkan sejumlah situs sejarah dan karya seni yang luar biasa secara budaya, termasuk 2.750 karya seni kuno, dan 70% dari 100.000 artefak budaya dan sejarah Afghanistan dari Museum Nasional Afghanistan. Hal ini sering terjadi karena situs atau karya seni merujuk atau menggambarkan tokoh agama, yang dianggap musyrik dan pengkhianatan terhadap hukum Islam.

Atas kejadian itu dikenal sebagai 'Pembantaian Bamiyan' hal ini telah diperdebatkan bahwa pemusnahan patung buddha raksasa Bamiyan merupakan tindakan yang menyakitkan bagi warga Afganistan. Buddha Bamiyan merupakan dua patung monumental Buddha Vairocana dan Buddha Gautama abad ke-6 yang diukir di sisi tebing di Lembah Bamiyan. Terlepas dari kemarahan internasional, Taliban meledakkan patung-patung itu dan menyiarkan rekaman itu kepada seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya