Mengunjungi Pasar Kambing An'am di Mekah

Mengunjungi Pasar Kambing An'am di perbatasan Mekah-Jeddah.
Mengunjungi Pasar Kambing An'am di perbatasan Mekah-Jeddah.
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Di tengah kesibukan meliput jemaah haji Indonesia, Tim Media Center Haji (MCH) berkesempatan mengunjungi Pasar An'am di perbatasan Mekah-Jeddah, Kamis 23 Juni 2022. Aktifitas pasar An'am semakin sibuk saat musim haji seperti saat ini.

Pasar An'am terletak sekitar 10 km dari Masjidil Haram dan merupakan satu dari tiga pasar kambing di sekitar Kota Mekah yang menjadi pilihan jemaah haji untuk membayar dam. Selain Pasar An'am ada pasar hewan di daerah Moashem dan Akisiyyah, namun keduanya tidak sebesar Pasar An'am.

Jemaah haji dapat memilih berbagai jenis kambing dengan ukuran yang beragam. Di bagian depan pasar terdapat kandang-kandang yang dihuni ratusan kambing. Orang-orang yang ingin membayar dam atau denda maupun berkurban bisa memilih kambing di situ lalu membawa ke bagian belakang tempat pejagalan.

Rata-rata kambing di pasar itu dijual dengan harga 250 Saudi Riyal (SAR) atau setara dengan Rp990 ribu hingga 500 SAR atau setara dengan Rp2 juta. Untuk berat kambing 10kg, harganya berkisar 250 SAR, sedangkan yang beratnya mencapai 30 kg bisa seharga 500 SAR.

Seperti layaknya pasar tradisional lainnya, pembeli dapat bernegosiasi dan melakukan tawar menawar terkait harga kambing yang tertarik untuk dibeli. Jemaah juga harus menambah biaya jagal sebesar 60 SAR (Rp240 ribu).

Setelah kambing yang sesuai dengan keinginan dipilih, jemaah dapat langsung membawa kambing tersebut ke rumah jagal untuk dipotong. Nantinya daging kambing yang sudah dipotong akan disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

Mereka yang berbelanja hewan untuk kepentingan membayar dam pun tidak perlu khawatir kesulitan saat akan memotong hewan sembelihan dan menyalurkannya kepada kaum dhuafa.