Tetsuya Mengaku Menembak Shinzo Abe karena Merasa Tak Puas

Tersangka pelaku penembakan Shinzo Abe dilumpuhkan pengawal eks PM Jepang
Sumber :
  • Kyodo News via AP

VIVA Dunia– Tersangka pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe bernama Tetsuya Yamagami sudah ditangkap segera setelah penembakan dan kini ditahan polisi. Pelaku disebut warga lokal Nara.

Girlband LEMON Siap Bawa Nuansa Idol Jepang ke Indonesia

Setidaknya disebut ada dua kali terdengar suara tembakan di lokasi tersebut. Sementara tersangka sudah ditahan dan senjatanya diamankan. Kepolisian mengidentifikasi bahwa pelaku adalah pria usia 40 tahunan bernama Tetsuya Yamagami.

Pria itu disebut media Jepang berasal dari Nara yakni warga lokal. Di kantor polisi sebagaimana dilaporkan News18 dan NHK, Yamagami menyatakan merasa tidak puas dengan figur Abe sehingga dia menembaknya. Namun motif penembakan masih terus didalami oleh polisi.

Remaja 18 Tahun di Jepang Ditangkap Polisi karena Ketahuan Menyontek

Disebutkan bahwa Yamagami juga menggunakan senjata rakitan yang kini juga sudah disita polisi. Pria itu hingga tahun 2005 disebut sempat bergabung dengan Pasukan Pertahanan Diri Maritim Jepang. 

Sementara video yang beredar sebagaimana dipublikasikan NHK menunjukkan Abe sedang dalam pidato saat itu dan kemudian terlihat kepulan asap di belakangnya dan segera dia limbung lalu kolaps. Aparat lalu langsung berlari ke arahnya dan ke arah asal penembak yang posisinya dibelakang eks PM Jepang itu. Penembakan terjadi saat Abe berpidato di dekat Stasiun Yamato Saidaiji di Kota Nara. 

Kemah di Kampus, Mahasiswa Jepang Desak Rektor Putus Kerjasama dengan Israel

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan acara itu kemudian tampak menjadi kacau. Sementara Abe tampak tak bergerak dan berbaring hingga terdengar suara riuh ambulans.

Ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Libas Jepang, Ana/Tiwi Satu-satunya Wakil Indonesia di Final Thailand Open 2024

Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final BWF World Tour Super 500 Thailand Open 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024