Gelombang Panas Eropa Cepat Menjalar dari Barat ke Timur, Hutan Gosong

Kebakaran hutan landa Eropa akibat gelombang panas termasuk di Yunani
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA Dunia – Gelombang panas yang luas masih meliputi sebagian besar Eropa khususnya bagian barat dan bergerak terus ke timur pada Kamis, 21 Juli 2022. Hal ini memaksa negara-negara termasuk Italia, Polandia dan Slovenia untuk mengeluarkan peringatan gelombang panas tertinggi. Sementara petugas pemadam kebakaran terus berjuang melawan kebakaran hutan di seluruh benua itu yang dipicu oleh letupan suhu panas.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Sejak suhu di Eropa selatan mulai melonjak awal bulan ini, gelombang panas telah menyebabkan ratusan kematian dan memicu kebakaran hutan yang telah membakar puluhan ribu hektare lahan di negara-negara termasuk Spanyol, Portugal dan Prancis.

Melansir dari The Straits Times, Jumat, 22 Juli 2022, Inggris dan Prancis sama-sama mengalami rekor suhu tinggi pada Selasa lalu, 19 Juli 2022.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Kebakaran hutan di Spanyol dan Eropa akibat gelombang panas amat tinggi

Photo :
  • AP Photo/Emilio Fraile)

Gelombang panas ekstrem adalah bagian dari pola global kenaikan suhu yang secara luas dikaitkan oleh para ilmuwan dan ahli iklim dengan perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Diperkirakan akan membuang panas yang membakar di sebagian besar China hingga akhir Agustus.

Yunani, yang dilanda kebakaran hebat yang berkobar di dekat Athena selama dua hari dan diembuskan oleh angin kencang mau tak mau mendesak Eropa untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi perubahan iklim.

Sanking panas orang-orang di Paris ceburkan diri di air mancur taman Trocadero

Photo :
  • AP Photo/Christophe Ena

"Krisis iklim sekarang terlihat di seluruh Eropa, dengan intensitas khusus di wilayah Mediterania yang lebih luas. Campuran suhu tinggi, angin kencang, dan kekeringan hebat tak terhindarkan sehingga menyebabkan kebakaran hutan," kata juru bicara pemerintah Yunani Giannis Oikonomou.

"Eropa harus bertindak secara terkoordinasi dan cepat untuk membalikkan krisis iklim," kata Oikonomou lagi kepada wartawan. 

Masalah ini levelnya menjadi transnasional dan harus diselesakan secara bersama-sama karena merembet ke banyak negara.

Petugas pemadam kebakaran Yunani telah menangani 390 kebakaran hutan dalam satu minggu, sekitar 50 hingga 70 kebakaran yang terjadi dalam sehari, katanya.

Menurut stasiun meteorologi di Penteli di luar Athena, di mana kebakaran terjadi pada hari Selasa diterakan bahwa angin mencapai 113kmh pada satu titik.

Dipicu oleh perubahan iklim, kebakaran hutan meningkat dalam frekuensi dan intensitas cepat di banyak negara. Kebakaran ini menyebarkan asap yang mengandung gas berbahaya, bahan kimia dan partikel yang dapat merusak kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya