Ada yang Menyerupai Laut, Inilah 5 Danau Terluas di Dunia

Danau Michigan di Amerika Utara
Danau Michigan di Amerika Utara
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA Dunia – Danau merupakan badan air alami dengan ukuran besar yang dikelilingi oleh daratan dan tidak berhubungan dengan laut, kecuali melalui sungai. Daya tarik keindahan danau tak kalah jika dibanding dengan laut. Namun, ternyata ada beberapa danau terluas di dunia yang menarik untuk dibahas.

Oleh karena itu, menarik untuk dibahas lebih lanjut terkait danau terluas di dunia yang mungkin bisa kamu masukkan ke dalam daftar tempat yang bisa kamu kunjungi. Simak danau terluas di dunia yang dilansir dari Touropia.

1. Danau Great Slave

Danau Great Slave, Kanada

Danau Great Slave, Kanada

Photo :
  • flickr

Danau Great Slave adalah danau terluas kedua di Wilayah Barat Laut Kanada, hanya disusul oleh Great Bear Lake. Mencapai kedalaman mengejutkan lebih dari 600 meter, itu adalah danau terdalam di Amerika Utara. Membentang hampir 300 mil panjangnya dan lebih dari 100 mil lebarnya, itu adalah danau terbesar kesepuluh di Bumi.

Berbagai kota duduk di tepi danau; ini termasuk Yellowknife, Fort Resolution, dan Hay River, untuk beberapa nama. Karena lokasinya di selatan Lingkaran Arktik, danau membeku di musim dingin dan mempertahankan suhu yang sangat dingin sehingga penduduk dapat membuat jalan es melaluinya, menciptakan jalan pintas antara Yellowknife dan Dettah.

Sepanjang tahun, danau ini menjadi hotspot bagi para pelaut dan pemancing, yang senang mencoba peruntungan memancing ikan pike dan ikan trout di danau atau ikan uban Arktik di anak-anak sungainya.

2. Danau Baikal 

Danau Baikal di Rusia

Danau Baikal di Rusia

Photo :
  • unsplash.com

Danau Baikal di Rusia adalah danau terbesar di dunia jika diukur dengan volume. Dengan kedalaman lebih dari 1.632 meter, itu adalah danau terdalam dan tertua di dunia, dengan banyak yang berpendapat bahwa itu harus dianggap sebagai laut.

Ini didukung oleh fakta bahwa itu adalah satu-satunya danau dengan air beroksigen yang cukup untuk menopang kehidupan di kedalamannya yang paling dalam. Danau ini adalah rumah bagi sekitar 1.700 spesies tumbuhan dan hewan.

Sebanyak 27 pulau dapat ditemukan di Danau Baikal, yang sebagian besar tidak berpenghuni. Ini juga memiliki ratusan aliran dan sungai yang mengalir ke dalamnya dan satu sungai - hanya Angara - yang mengalir keluar darinya dan menuju ke Samudra Arktik.

Selain danau yang luas, Danau Baikal adalah salah satu danau paling jernih di Bumi, dipenuhi dengan lelehan salju dari pegunungan Siberia. Pada hari yang baik, jarak pandangnya sedalam 39 meter!

3. ?Danau Tanganyika

Danau Tanganyika

Danau Tanganyika

Photo :
  • unsplash.com

Danau terluas di dunia urutan ketiga adalah Danau Tanganyika yang memiliki arti, yaitu 'danau besar yang terbentang seperti dataran'. Danau Tanganyika adalah danau air tawar terpanjang, tertua kedua, dan terdalam kedua di dunia. 

Mengalir di antara empat negara Tanzania, Burundi, Republik Demokratik Kongo, dan Zambia, Danau Tanganyika akhirnya mengalir ke Samudra Atlantik. Membentuk salah satu danau Lembah Rift, berenang di danau tidak dianjurkan karena buaya Nil diketahui bersembunyi di bawah permukaan di beberapa tempat.

4. Danau Michigan

Danau Michigan di Amerika Utara

Danau Michigan di Amerika Utara

Photo :
  • unsplash.com

Danau Michigan, yang berarti 'Air Besar,' adalah salah satu dari lima Danau Besar di Amerika Utara. Oleh sebab itu, Danau Michigan termasuk ke dalam danau terluas di dunia.

Membentang hingga kedalaman maksimum 280 meter, itu adalah satu-satunya Danau Besar yang dapat ditemukan sepenuhnya di dalam perbatasan Amerika Serikat, tersebar di Michigan, Indiana, Illinois, dan Wisconsin dari timur ke barat.

Berenang di Danau Michigan berisiko karena beberapa alasan. Tidak hanya garis pantainya yang rentan terhadap arus rip yang berbahaya, tetapi dasarnya sering tidak rata dengan lubang dan penurunan yang dalam sementara beberapa pantai memiliki penjaga pantai.

5. Laut Kaspia

Laut Kaspia

Laut Kaspia

Photo :
  • unsplash.com

Terlepas dari namanya yang membingungkan, Laut Kaspia sebenarnya adalah sebuah danau karena sepenuhnya dikelilingi oleh daratan atau badan air terbesar di dunia. Terletak di antara benua Eropa dan Asia, laut pedalaman ini berbatasan dengan Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan, dan Turkmenistan.

Menariknya, danau itu bukan air tawar; itu sebagian asin, meskipun hanya sepertiga asin seperti air laut, karena pernah menjadi bagian dari Laut Paratethys kuno. Hari ini, laut dirayakan karena kaviarnya yang menakjubkan dan industri minyak yang menonjol. Laut Kaspia merupakan danau terluas di dunia.