Mengenal Lebih Dekat Sumur Zamzam, Dahulu dan Kini

Air zamzam dalam kemasan galon 5 liter
Air zamzam dalam kemasan galon 5 liter
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Air Zamzam diyakini sebagai air suci oleh umat Islam. Air Zamzam berasal dari sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, Mekah, sebelah tenggara Kabah dan berkedalaman 42 meter.

Banyak peziarah yang melakukan ibadah Haji dan Umrah yang membawa pulang air Zamzam sebagai oleh-oleh. Zamzam sendiri memiliki arti banyak atau melimpah-ruah.

Hingga saat ini mata air sumur Zamzam masih terus mengalir dan menjadi oleh-oleh wajib jemaah haji dari luar Arab Saudi. Saat ini air Zamzam yang setiap hari didapat jemaah haji dikemas dalam bentuk botol plastik ukuran 330 mililiter.

Air Zamzam kemasan botol tersebut dikelola oleh Zamazemah Company, perusahaan yang diberikan tanggung jawab oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk melayani kebutuhan air Zamzam bagi jemaah haji.

Managing Director Zamazemah Company, Hasan Mahmud Abu Al-Faraj, mengatakan, terdapat tiga mata air Zamzam yang bermuara ke sumur Zamzam yang terletak di antara Makam Ibrahim dan Ka'bah. Sumur Zamzam sendiri memiliki kedalaman hingga 30 meter.

Dulu, saat ia kecil bahkan bisa sampai turun hingga ke sumur Zamzam. Namun saat ini tidak memungkinkan karena sudah ditutup dan banyaknya jemaah.

Foto letak sumur zamzam di masa kini

Foto letak sumur zamzam di masa kini

Photo :
  • MCH 2019