Antek ISIS Penyebar Video Pemenggalan Jurnalis AS Dihukum Seumur Hidup

Para perempuan dievakuasi dari wilayah terakhir penguasaan ISIS di Suriah
Sumber :
  • AP Photo/Felipe Dana

VIVA Dunia – Seorang hakim Amerika Serikat (AS) pada Jumat, 28 Juli 2022, menjatuhkan hukuman vonis penjara seumur hidup kepada seorang pria Kanada kelahiran Arab Saudi setelah dia mengaku bersalah pada bulan Desember lalu.

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Pria tersebut mengaku dia membantu organisasi ekstremis Negara Islam (ISIS) dengan bekerja bersama para propagandis yang mempublikasikan pemenggalan kepala sandera termasuk jurnalis Amerika James Foley.

Mohammed Khalifa yang dibesarkan di Toronto dan meninggalkan Kanada pada 2013 ke Suriah. Dia membunuh dua tentara Suriah atas nama kelompok itu sebelum ditangkap oleh pasukan Kurdi yang didukung AS pada 2019, kata Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan tentang hukumannya.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Dia lalu dipindahkan ke tahanan Biro Investigasi Federal pada Oktober tahun lalu dan mengaku bersalah pada 10 Desember 2021 karena memberikan dukungan material atau sumber daya kepada organisasi teroris asing, yang mengakibatkan kematian, kata departemen itu.

Melansir dari NDTV, Sabtu, 30 Juli 2022, vonis hukuman seumur hidupnya diperintahkan oleh Hakim Distrik Senior AS T. S. Ellis dari Distrik Timur Virginia di mana proses pengadilannya berlangsung.

Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

Negara Islam viral aksinya setelah merilis video pada tahun 2014 tentang pemenggalan kepala jurnalis AS James Foley dan Steven Sotloff serta pekerja bantuan Inggris Alan Henning dan David Haines.

Khalifa sendiri mengakui dia bekerja di unit yang mempublikasikan video tersebut, kata jaksa AS.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik di KNPMPI 2024

Prestasi membanggakan 2 mahasiswa Program Studi Psikologi Islam di IAIN SAS ini diraih dalam Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia ke-8 tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024