Korsel Bakal Buat Drone Canggih yang Dapat Tembus Pertahanan Korut

Drone Korea Selatan.
Sumber :
  • Facebook.

VIVA – Korea Selatan berkeinginan untuk membangun drone wingman pertama yang tak berawak, sebagai tindak lanjut dari uji terbang jet tempur buatannya yang pertama.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Pekan lalu, Korea Selatan menyebut Korean Air sebagai penawar untuk drone wingman setianya, yang diharapkan akan bekerja bersama-sama dengan pesawat tempur berawak dan beroperasi dalam kawanan otonom, menurut laporan situs web penerbangan FlightGlobal.

FlightGlobal juga menyebutkan bahwa  Badan Pengembangan Pertahanan (ADD) Korea Selatan dan Korean Air berencana untuk bekerja sama mengembangkan satu pesawat berawak dan tiga hingga empat UAV siluman menjalankan misi secara bersamaan.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Drone KF21 Boramae.

Photo :
  • KAI

Melansir dari Asia Times, Selasa, 23 Agustus 2022, laporan itu menyatakan bahwa UAV siluman baru dapat melakukan misi sendiri, seperti pengawasan, peperangan elektronik, dan serangan kinetik.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pengembangan mengikuti program UAV siluman ADD sebelumnya yang berlangsung dari 2019 hingga 2021, yang berpuncak pada kontrak antara pemerintah Korea Selatan dan Korean Air, yang ditandatangani pada Oktober untuk mengembangkan UAV siluman guna memajukan teknologi siluman Korea Selatan. Aspek penting dari proyek ini termasuk mengembangkan bahan penyerap radar dan pembentukan siluman untuk desain UAV masa depan.

UAV siluman baru Korea Selatan dapat beroperasi bersama pesawat tempur KF-21 Boramae buatannya sendiri. 

Asia Times sebelumnya telah melaporkan kemungkinan ini, menyatakan bahwa KF-21 pada akhirnya dapat bermitra dengan drone wingman yang dikembangkan secara lokal, yang terbang bersama pesawat berawak untuk bertindak sebagai pengganda kekuatan dan meningkatkan kemampuan yang terakhir.

Kawanan serangan

Penggunaan drone wingman setia memberikan keuntungan untuk operator mereka, dan bertindak sebagai umpan massal terhadap pertahanan udara, kawanan serangan atau sebagai pelengkap pesawat berawak dengan memperluas jangkauan sensor mereka.

Karena drone wingman setia dapat dibuang, mereka dapat beroperasi di area yang dianggap terlalu berbahaya untuk pesawat berawak karena pertahanan anti-udara yang padat. 

Mereka juga dapat mengaktifkan serangan kebuntuan jarak jauh, serta  menunjuk target darat dengan sensor onboard mereka.

Pada saat yang sama, pesawat penyerang meluncurkan rudal di luar jangkauan pertahanan udara musuh sambil tetap diam secara elektronik untuk menghindari deteksi.

Kemampuan seperti itu mungkin penting untuk strategi pemenggalan Korea Selatan. Analis pertahanan Ankit Panda menggambarkannya dalam artikel pada 2022, di Carnegie Endowment for International Peace yang melibatkan serangan pendahuluan dan pembalasan terhadap Korea Utara untuk mencegah atau mengakhiri konflik dengan membunuh kepemimpinannya.

Premisnya adalah karena Korea Utara tidak terpengaruh oleh prospek konflik terbatas dan kerusakan terhadap target militer dan ekonomi yang penting, tindakan logisnya adalah mengancam kepemimpinan Korea Utara.

Dalam skenario seperti itu, drone wingman yang setia akan sangat penting dalam menembus pertahanan udara Pyongyan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya