Australia Beri 1 Juta Dosis Vaksin PMK untuk Indonesia

Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt saat berada di Indonesia
Sumber :
  • Antara/Azis Kurmala.

VIVA Dunia – Australia memberikan 1 juta dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk Indonesia. Vaksin itu akan didistribusikan oleh pemerintah Indonesia ke daerah-daerah yang paling membutuhkan.

PAPDI Rilis Jadwal Imunisasi Terbaru 2024

“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan sekaligus Menteri Penanggulangan Darurat Murray Watt dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Jumat 26 Agustus 2022.

Pengiriman vaksin ke Indonesia, menurut Watt, adalah bagian dari “pendekatan tiga cabang” untuk menjaga Australia bebas dari PMK dengan membantu negara-negara tetangganya dalam menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuritas, dan meningkatkan kesiapsiagaan di dalam negeri.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, Australia akan kembali memasok vaksin PMK senilai 4,4 juta dolar Australia sebagai bagian paket biosekuritas senilai 10 juta dolar Australia (Rp103,32 miliar) yang baru-baru ini diumumkan untuk Indonesia.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

“Keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah dan menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara kita,” tutur Wong.

vaksinasi booster (ilustrasi)

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) menghimbau masyarakat mendapatkan imunisasi di segala usia di sepanjang umur.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024