Ratusan Pengguna Media Sosial China Diblokir Usai Posting Aksi Protes Menentang Xi Jinping

WeChat.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA Dunia – Puluhan pengguna internet di China telah memposting keputusasaan meminta agar dibuka kembali akses ke akun aplikasi WeChat mereka, setelah ratusan orang dilarang untuk memposting tentang protes di Beijing terhadap Presiden Xi Jinping dan kebijakannya.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Aplikasi ini sangat penting untuk kehidupan sehari-hari di China, dan memungkinkan ratusan juta orang untuk berkomunikasi, melakukan pembayaran, mengambil bagian dalam pelacakan kontak COVID-19 dan mengakses hiburan. Namun, aplikasi tersebut diawasi ketat oleh negara.

Ratusan pengguna WeChat mengalami akun mereka diblokir, beberapa secara permanen, setelah mendukung demonstrasi kecil di ibu kota pada hari Kamis, 13 Oktober 2022, yang menyerukan penggulingan Xi Jinping.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Poster protes terhadap China dan Xi Jinping di Ahmedabad, India

Photo :
  • AP Photo/Ajit Solanki

Aksi protes digelar di Beijing ketika Partai Komunis yang berkuasa bertemu untuk Kongres lima tahunan untuk melantik Xi untuk masa jabatan ketiga dalam kekuasaannya pada Minggu, 16 Oktober 2022. Para demonstran menentang kepemimpinan Xi Jinping dan pemerintahan otoriter.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

"Saya benar-benar serius merenungkan kesalahan saya, dan saya berjanji saya pasti akan mematuhi pedoman dengan ketat," tulis seorang warga Beijing pada Jumat, 14 Oktober 2022 dalam sebuah posting di jejaring sosial China lainnya yang sejak itu telah dihapus.

"Saya sangat berharap perusahaan anda (WeChat) dapat membuka blokir akun saya. Di masa depan saya tidak akan pernah memposting video atau gambar yang tidak pantas lagi.”

Melansir dari The Sundaily, Selasa, 18 Oktober 2022, pengguna lain yang mengatakan akun WeChat mereka telah diblokir secara permanen mengatakan hal yang sama dan menyesali perbuatannya.

“Saya telah menggunakan akun ini selama 10 tahun dan ada banyak foto dan pesan berharga dari teman-teman di dalamnya.”

Seorang pengguna WeChat yang berbasis di kota Guangzhou selatan mengatakan bahwa akun mereka memiliki beberapa fungsi sementara dibatasi selama 24 jam pada hari Minggu, setelah mereka berbagi foto dalam grup obrolan poster yang menyatakan dukungan untuk protes Beijing.

"Saya bisa merasakan keterasingan karena tidak bisa menyukai/membalas pesan obrolan grup, dan saya merasa lebih bersimpati kepada pengguna yang telah diblokir secara permanen,” katanya.

Beijing dalam siaga tinggi

Presiden Xi Jinping di Kongres Partai Komunis China 16 Oktober tahun 2022

Photo :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein

Beijing dalam siaga tinggi untuk gangguan terhadap pertemuan Partai Komunis selama seminggu yang dimulai pada hari Minggu, dengan kota di bawah selimut keamanan yang ketat.

Video dan foto yang dibagikan di media sosial pada hari Kamis menunjukkan seorang pemprotes sendirian menggantungkan dua spanduk yang dilukis dengan tangan dari sebuah jembatan dengan slogan-slogan yang mengkritik kebijakan pemerintah tentang COVID-19 dan menyerukan hak untuk memilih.

"Tidak ada tes COVID, saya ingin mencari nafkah. Tidak ada Revolusi Kebudayaan, saya ingin reformasi. Tidak ada penguncian, saya ingin kebebasan. Tidak ada pemimpin, saya ingin memilih. Tidak ada kebohongan, saya ingin martabat. Saya tidak akan menjadi budak, saya akan menjadi warga negara,” tulis salah satu spanduk.

"Ayo protes, singkirkan diktator dan pengkhianat nasional Xi Jinping," tulis poster yang lain.

Polisi dan penjaga keamanan dengan cepat mengerumuni jembatan dan sukarelawan dikerahkan untuk menjaga jembatan penyeberangan lainnya di Beijing setelah protes, sementara pencarian online untuk insiden tersebut sangat disensor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya