Hubungan Lagi Memanas Dengan Barat, Jerman Malah Kunjungi China untuK Tingkatkan Kerja Sama

 Kanselir Jerman Olaf Scholz.
Sumber :
  • Michele Tantussi/via AP

VIVA Dunia – Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan di Beijing, pada Jumat 4 November 2022, bahwa dia berusaha untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan China. Dia telah menghadapi kritik atas ketergantungan berat Berlin pada negara yang tumbuh lebih otoriter di bawah Presiden Xi Jinping itu.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Scholz adalah pemimpin G7 pertama yang mengunjungi China sejak awal pandemi virus corona, yang mendorong ekonomi nomor dua dunia itu untuk menutup sebagian besar perbatasannya.

Diterima oleh Xi tak lama setelah tiba di Beijing di Aula Besar Rakyat, Scholz mengatakan dia berusaha untuk lebih mengembangkan kerja sama ekonomi sambil mengakui sudut pandang yang berbeda di beberapa bidang.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • South China Morning Post (SCMP)

"Bagus bahwa kami dapat bertukar pikiran di sini tentang semua pertanyaan, termasuk pertanyaan di mana kami memiliki perspektif yang berbeda, itulah gunanya pertukaran,” kata Scholz, menurut sumber pemerintah Jerman,dikutip dari The Sundaily, Jumat, 4 November 2022.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

“Kami juga ingin berbicara tentang bagaimana kami dapat lebih mengembangkan kerja sama ekonomi kami pada topik lain, seperti perubahan iklim, ketahanan pangan, negara-negara berutang.”

Xi mengatakan dia yakin kunjungan itu akan meningkatkan saling pengertian dan saling percaya, dan memperdalam kerja sama praktis di berbagai bidang, dan membuat rencana yang baik untuk pengembangan hubungan China-Jerman di tahap selanjutnya.

Kontroversi

Kunjungan itu telah memicu kontroversi, datang begitu cepat setelah Xi memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan, dan ketika ketegangan meningkat antara Barat dan Beijing mengenai berbagai masalah mulai dari Taiwan, hingga dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Ketergantungan besar industri Jerman pada China juga menghadapi pengawasan baru, karena Berlin terhuyung-huyung dari ketergantungan yang berlebihan pada impor energi Rusia yang membuatnya terekspos ketika Moskow mematikan keran gasnya.

Pendekatan Scholz masih didukung oleh gagasan bahwa, “Kami ingin terus melakukan bisnis dengan China, tidak peduli apa artinya ketergantungan ekonomi kami, dan untuk kemampuan kami untuk bertindak”, kata anggota parlemen oposisi Norbert Roettgen mengatakan kepada surat kabar Rheinische Post.

Kekhawatiran tentang China juga datang dari dalam koalisi yang berkuasa, dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan kesalahan yang dibuat di masa lalu dengan Rusia tidak boleh terulang.

Sensitivitas masalah ini disorot ketika perselisihan meletus bulan lalu tentang apakah akan mengizinkan raksasa pengiriman China Cosco untuk membeli saham di terminal pelabuhan Hamburg. Pada akhirnya, Scholz menentang seruan dari enam kementerian untuk memveto penjualan karena masalah keamanan, alih-alih mengizinkan perusahaan untuk mengakuisisi saham yang dikurangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya