Bertemu di Bali, Joe Biden dan Xi Jinping Berharap Dapat Kelola Perbedaan dan Tingkatkan Hubungan

Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Bali.
Sumber :
  • AP Photo/Alex Brandon.

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping membuka pertemuan tatap muka pertama mereka di Bali, pada Senin 14 November 2022, sejak Biden menjabat sebagai presiden AS hampir dua tahun lalu, di tengah meningkatnya ketegangan ekonomi, dan keamanan antara kedua negara adidaya yang bersaing untuk mendapatkan pengaruh global.

Skincare Hingga Kosmetik, Produk Kecantikan Taiwan Gak Kalah Bagus dari Korea

Xi dan Biden saling menyapa dengan berjabat tangan di sebuah hotel resor mewah di Bali, tempat mereka menghadiri KTT Kelompok 20 ekonomi besar (G20). Biden, memulai percakapan, mengatakan dia dan Xi memiliki "tanggung jawab" untuk menunjukkan bahwa negara mereka dapat "mengelola perbedaan," dan mengidentifikasi area kerja sama timbal balik.

Xi menambahkan bahwa dia berharap keduanya akan "meningkatkan hubungan" dan bahwa dia siap untuk melakukan "pertukaran pandangan yang jujur dan mendalam" dengan Biden, melansir AP.

Amerika Pembohong Besar, Nilai Paket Senjata Buat Israel Ternyata Tembus Rp20 Triliun

Kombinasi foto Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon, Eraldo Peres

Kedua pemimpin tersebut memasuki pertemuan yang sangat dinanti-nanti dengan posisi politik yang kuat di tatanan global. “Kami memiliki sedikit kesalahpahaman,” kata Biden kepada wartawan di Phnom Penh, Kamboja pada hari Minggu 13 November 2022, di mana ia berpartisipasi dalam pertemuan negara-negara Asia Tenggara sebelum berangkat ke Indonesia.

Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia

"Kami baru saja mencari tahu di mana garis merahnya dan apa hal terpenting bagi kita masing-masing dalam dua tahun ke depan."

Para pembantu Gedung Putih telah berulang kali berusaha untuk mengecilkan gagasan konflik antara kedua negara, dan telah menekankan bahwa mereka percaya kedua negara dapat bekerja bersama-sama dalam tantangan bersama seperti perubahan iklim dan keamanan kesehatan.

Tetapi hubungan antara AS dan China semakin tegang di bawah pemerintahan Amerika, karena perbedaan ekonomi, perdagangan, hak asasi manusia, dan keamanan telah mengemuka.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Presiden RI Jokowi di Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Sebagai presiden, Biden telah berulang kali menuntut China atas pelanggaran hak asasi manusia terhadap orang-orang Uighur dan etnis minoritas lainnya, tindakan keras terhadap aktivis demokrasi di Hong Kong, praktik perdagangan paksa, provokasi militer terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, dan perbedaan pendapat atas tuntutan Rusia atas perangnya melawan Ukraina.

Pejabat China sebagian besar menahan diri dari kritik publik terhadap perang Rusia, meskipun Beijing telah menghindari dukungan langsung seperti memasok senjata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya