Selebtwit Asing Hina Batik yang Digunakan Para Petinggi Negara di G20, Netizen Indonesia Murka

Para petinggi negara mengenakan batik di gala dinner KTT G20
Sumber :
  • ALAMY

VIVA Dunia – Para pemimpin dunia, tampil apik saat menghadiri acara jamuan makan malam atau gala dinner di perhelatan KTT G20 dengan mengenakan busana batik pada Selasa, 15 November 2022. 

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Jamuan makan malam KTT G20 kali ini digelar di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Masing-masing mereka tampak mengenakan batik dengan motif dan warna yang berbeda-beda.

Para petinggi negara mengenakan batik di gala dinner KTT G20

Photo :
  • ALAMY
Batik Aromaterapi Asal Madura Tembus Pasar AS hingga Jepang

Namun, ada saja memang tingkah orang-orang di media sosial. Beberapa selebtwit, julukan untuk selebriti di Twitter, dari luar negeri tampaknya kurang senang dan tak terlalu menyukai tampilan para pemimpin negara mengenakan batik. 

Beberapa dari mereka bahkan mengunggah potret beberapa petinggi negara yang mengenakan batik saat berbincang, yaitu PM Kanada Justin Trudeau, PM Inggris Rishi Sunak, dan Menteri Pertanian, Zulkifli Hasan, dan membuat keterangan yang seolah mengolok. 

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Salah satunya akun milik Sophie Corcoran, @sophielouiscc yang mana ia juga seorang artis dan broadcaster. "Mengapa mereka mengenakan pakaian yang sama - dan (pakaian) yang seperti itu" tulisnya di keterangan. 

Artis yang mengolok batik yang dikenakan para petinggi negara di G20

Photo :
  • Twitter

Selain itu, akun selebtwit Mahyar Touise uanh juga mengejek batik yang dikenakan. "Apa yang sebenarnya digunakan para idiot ini?!" tweet Mahyar dengan menunggah potret yang sama dengan yang diunggah Sophie Corcoran. 

Hal ini tentu membuat masyarakat Indonesia, dan bahkan banyak netizen di dunia geram karena dianggap menghina batik Indonesia. Tak tinggal diam, netizen "merujak" dan membela. "Itu karena mereka memiliki kreativitas dan tidak menggunakan pakaian membosankan seperti jas hitam putih, yang mana tampak deppresing, seperti namamu. Corcoran dalam bahasa Indonesia = menuangkan semen" bela salah satu netizen, sambil menyelipkan guyonan. 

Setelah dirujak netizen Indonesia, akun milik Mahyar Touise akhirnya menghapus unggahan tersebut dan meminta maaf.

Begitu pula dengan akun Sophie Corcoran, meski ia tak menghapus unggahannya namun ia menjelaskan bahwa ia sekedar bertanya dan tak bermaksud untuk mengejek. 

Presiden Jokowi menjamu Presiden Xi Jinping di Gala Dinner KTT G20 Bali

Photo :
  • Youtube Setpres

KTT G20 berlangsung di Bali pada 15-16 November dan dihadiri sejumlah kepala negara anggota G20. Beberapa yang hadir antara lain Presiden AS, Joe Biden; Presiden China, Xi Jin Ping; Perdana Menteri India, Narendra Modi; dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya