Putra Mahkota Saudi Tanggung Biaya Renovasi Masjid JIC yang Kebakaran

Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman
Sumber :
  • Middle East Eye

VIVA Dunia – Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz (MBS) menyatakan akan membantu membiayai restorasi Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang mengalami kebakaran pada Rabu, 19 Oktober 2022 lalu. Pangeran MBS bersedia menanggung seluruh biaya pemulihan Islamic Center di Jakarta setelah sebagian besar bangunan terkena musibah kebakaran.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

"Pengumuman Putra Mahkota menegaskan minatnya pada Islamic Center di semua negara persaudaraan dan sahabat, karena mereka memiliki peran penting dalam pendidikan generasi muda dan penyebaran Islam yang toleran, serta pesannya berdasarkan pada perdamaian, moderasi, dan dialog," demikian ungkap laporan yang dikutip Saudi Press Agency (SPA), Kamis, 17 Oktober 2022.

Diketahui, kubah besar masjid Jakarta Islamic Center (JIC) terbakar pada bulan Oktober lalu. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Jakarta Islamic Center berdiri di area seluas 109.435 meter persegi dan terdiri dari banyak fasilitas, termasuk masjid dengan luas 2.200 meter persegi, yang menampung lebih dari 20.000 jamaah, selain pusat studi penelitian dan ruang konferensi. -

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Sejumlah tokoh Islam dan ketua asosiasi agama dan lembaga dakwah besar di Indonesia mengapresiasi tindakan Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz yang akan menanggung biaya pemulihan Islamic Center di Jakarta, setelah sebagian besar terkena musibah kebakaran bulan lalu.

"Upaya luar biasa yang dilakukan oleh Kerajaan dan memanfaatkan kemampuannya yang luar biasa untuk melayani masjid di seluruh dunia. KeputusanPutra Mahkota untuk merestorasi Islamic Center di Jakarta mencerminkan kemanusiaan dan kebaikan Kerajaan," ujar Wakil Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, KH Abdul Wahid Alwi.

Sebelumnya, – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan akan melakukan perbaikan terhadap Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), yang terbakar pada Rabu, 19 Oktober 2022. Akibat kebakaran itu, kubah masjid tersebut roboh.  

Heru mengatakan, pihaknya masih melakukan pembahasan untuk renovasi masjid JIC tersebut. Kebakaran terjadi ketika sedang dilakukan renovasi. 

Masjid Jakarta Islamic Center kebakaran.

Photo :
  • Diskominfotik Jakarta Utara

Ia juga mengatakan, bahwa rencana renovasi Masjid JIC ini masih dalam tahap pembahasan dengan Asisten Pembangunan (Asbang) Pemprov DKI. Termasuk soal penambahan anggarannya. 
"Mungkin kita lihat apakah perlu ada pembahasan tambahan anggaran dan lainnya. Nanti kita lihat dengan pihak yang mengerjakan," ucapnya. 

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Jakarta Utara itu masih belum bisa memastikan terkait anggaran yang digunakan akan menggunakan APBD atau tidak.

Polisi sebelumnya menduga ada kelalaian di balik kebakaran kubah Masjid Islamic Center di Koja, Jakarta Utara. Hal itu diungkapkan Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Wibowo.  

Kebakaran diduga karena percikan api las. Seperti diketahui, di kubah masjid itu tengah dilakukan renovasi. Namun, itu baru dugaan sementara. Menurut polisi, untuk penyebab pasti kebakaran masih didalami.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya