Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Presiden Amerika Serikat Seorang Octogenarian

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky

VIVA Dunia – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Amerika Serikat, ada seorang Octogenarian di Oval Office. 

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Presiden AS Joe Biden, adalah presiden AS pertama yang berusia 80 tahun ketika menjabat. Ia berulang tahun ke 80 pada Minggu 20 November 2022. Octogenarian adalah sebutan untuk seseorang yang berusia 80 tahun. 

Ia menjadi sebuah tonggak sejarah, ketika panglima yang sudah lanjut usia itu mempertimbangkan prospek untuk mencalonkan diri kembali di tengah penampilan Demokrat yang lebih kuat dari yang diharapkan dalam pemilihan paruh waktu.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)

Photo :
  • AP Photo/Manuel Balce Ceneta

Jika Biden berhasil mencalonkan diri untuk masa jabatan Presiden kedua, dia akan berusia 86 tahun pada akhirnya.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Dalam postingan romantis Minggu sore dari Jill Biden, Ibu Negara AS ia mengunggah: "Tidak ada orang lain yang lebih saya sukai untuk berdansa, selain Anda," menyatakan cintanya dengan sepasang emoji hati.

Presiden yang rawan kesalahan telah berusaha untuk menangkal kekhawatiran tentang penurunan stamina mental dan fisik yang berkaitan dengan usianya - bahkan ketika dia mengakui usia lanjut adalah kekhawatiran yang "sah" bagi para pemilih dan pendukungnya.

“Dan saya pikir cara terbaik untuk membuat penilaian adalah dengan memperhatikan saya. Apakah saya melambat? Apakah saya memiliki kecepatan yang sama?” dia bertanya kepada para pemilih dalam wawancara MSNBC bulan lalu.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Presiden RI Jokowi di Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Biden, yang baru-baru ini mengatakan dia "merasa seperti berusia 50", telah menegaskan dia yakin dia bisa kembali mengalahkan mantan Presiden Donald Trump pada tahun pemilihan Capres AS 2024.

Trump, yang kini berusia 76 tahun akan berusia 82 tahun jika dia terpilih kembali, namun untuk masa jabatan yang tidak berturut-turut.

Jajak pendapat bulan Oktober menemukan bahwa 64% orang Amerika “khawatir” tentang kesehatan mental Biden, naik dari 59% pada bulan Agustus. Masalah ini bergema di kedua sisi, dengan lebih dari separuh Demokrat yang disurvei menyatakan keprihatinan tentang usianya yang semakin tua. 

Sebelum masa jabatan Demokrat, Ronald Regan adalah presiden AS tertua, menjabat hingga usia 77 tahun.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky

Pencapaian Biden terjadi beberapa hari setelah Ketua DPR berusia 82 tahun, Nancy Pelosi mengumumkan dia akan pensiun dari Kongres setelah partainya kehilangan kendali DPR.

Presiden Joe Biden berencana untuk merayakan hari besarnya dengan makan siang keluarga di Gedung Putih yang diselenggarakan oleh istrinya Jill Biden, menurut Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre.

Kehebohannya terjadi sehari setelah cucunya yang berusia 28 tahun, Naomi Biden, menikah dengan sesama pengacara Peter Neal, dengan sebuah upacara Gedung Putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya