Mahkamah Agung Jepang Batalkan Putusan Editor Manga yang Dibui Atas Kasus Pembunuhan Istri

Editor Manga yang Dibui Bunuh Istri
Sumber :
  • Otaku USA Magazine

VIVA Dunia – Kasus mengenai editor manga Jong Hyon Pak (47), yang bekerja di perusahaan komik Jepang terbesar milik Kodansha sempat menghebohkan publik pada tahun 2016 lalu. Dia diputuskan bersalah membunuh istrinya, Kanoko (38) dan dijatuhi hukuman 11 tahun penjara.

Rora BABYMONSTER Alami Insiden di Atas Panggung,  Pergelangan Kaki Terkilir

Tapi Mahkamah Agung Jepang memutuskan telah membatalkan hukuman yang sebelumnya dijatuhkan oleh Pengadilan Tinggi Tokyo. Dari sidang banding yang digelar awal pekan ini, Mahkamah Agung memerintahkan Pengadilan Tinggi Tokyo kembali meninjau lagi permohonan.

Editor Manga yang Dibui Bunuh Istri

Photo :
  • Otaku USA Magazine
Kawasaki Luncurkan Meguro K3, Moge 770cc Berdesain Klasik

Pada 2021, Pengadilan Tinggi Tokyo menguatkan vonis bersalah kepada Jong Hyon Pak, setelah Pengadilan memutuskannya bersalah di tahun 2019. Pengadilan menjatuhkan hukuman 11 tahun bui.

Namun pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah meminta hukuman penjara 15 tahun kepada pria tersebut.

Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Dilansir dari Otaku USA Magazine, Jong Hyon Pak, didakwa pada Januari 2017 karena dicurigai mencekik istrinya sampai mati lalu mendorongnya ke tangga di kediaman pribadinya di Tokyo pada 9 Agustus 2016.

Menurut keterangan jaksa, niatan membunuh muncul setelah istri mengeluh karena kurangnya dukungan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

"Tiba-tiba dia mengembangkan niat untuk membunuh setelah istrinya mengeluh. Suaminya tidak mendukung dalam melakukan pekerjaan rumah tangga dan meningkatkan ke-empat anak-anak mereka. Istrinya juga mengira berbicara buruk tentang ibunya," ungkap Jaksa pihak Penuntut Umum.

Menurut Divisi Investigasi Polisi Kriminal, Jong Hyon Pak, melakukan pembunuhan sekitar pukul 02.45 pagi. Pak menelelpon layanan darurat dan memberi tahu mereka bahwa ketika tiba di rumah, istrinya sudah terbaring pingsan di bawah tangga. Istrinya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Pak sempat mengubah keterangannya, dengan mengatakan sang istri telah bunuh diri. Dari penyelidikan polisi dan hasil otopsi ditemukan tanda-tanda pencekikan di leher Kanako.

Manga Junji Ito Jadi Serial Anime

Photo :
  • twitter/ @NetflixJP

Dari video CCTV hanya ditemukan tidak ada orang lain yang masuk ke dalam rumah. Di sana, hanya ada Pak bersama istri dan keempat anak-anak mereka.

Di industri manga, nama Pak dikenal sebagai editor manga di perusahaan Kodansha sejak April 1999. Dia menjadi Wakil Editor Majalah Morning dan membantu mendirikan majalah bulanan Bessatsu Shonen Magazine yang meluncurkan manga terpopuler Attack on Titan dan Flying Witch.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya