Korea Utara Tembakkan Rudal 'Selamat Tahun Baru' ke Arah Jepang  

Ilustrasi rudal Korea Utara
Sumber :
  • KCNA via AP

VIVA Dunia – Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik jarak pendek jelang pergantian tahun pada Sabtu, 31 Desember 2022. Peluncuran rudal tersebut memecahkan rekor, karena pemimpin Kim Jong Un tampaknya akan mengakhiri pertemuan elite partai tentang kebijakan negara di tahun 2023.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan semua misil menempuh jarak sekitar 350 kilometer, mencapai ketinggian maksimum 100 km sebelum jatuh ke perairan Laut Jepang di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, yang membentang 200 mil laut (370 km) dari pantainya.

Tokyo memprotes keras peluncuran rudal Korut, yang mereka sebut sebagai serangkaian tindakan yang mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan dan komunitas internasional.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Militer Korea Selatan juga mengutuk penembakan tiga rudal balistik jarak pendek. Rudal tersebut  ditembakkan dari daerah Chunghwa di provinsi Hwanghae Utara, lapor kantor berita Yonhap.

"Militer kami akan mempertahankan postur kesiapan yang solid berdasarkan kemampuan untuk menanggapi setiap provokasi Korea Utara," kata militer Korea Selatan dilansir Japan Times, Minggu, 1 Januari 2023

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Photo :
  • KCNA via AP

Komando Indo-Pasifik militer A.S. mengatakan peluncuran tersebut terus memiliki "dampak destabilisasi" di kawasan itu, menambahkan bahwa aliansi Washington dengan Seoul dan Tokyo "tetap kuat".

Peluncuran terbaru Korea Utara terjadi hanya beberapa jam setelah Seoul mengumumkan keberhasilan uji coba kendaraan peluncuran ruang angkasa berbahan bakar padat pada hari Jumat.

Korea Utara yang bersenjata nuklir telah meluncurkan hampir 70 rudal tahun ini – hampir tiga kali lebih banyak dari tahun sebelumnya – dalam upayanya untuk meningkatkan persenjataannya yang semakin kuat.

Pada hari Jumat, Korea Utara melanjutkan pertemuan partai yang berkuasa yang dipimpin oleh Kim untuk menguraikan tujuan utama pertahanan, diplomatik dan ekonomi untuk tahun mendatang, lapor media pemerintah.

Kantor Berita Korea merilis berita resmi pada Sabtu, namun tidak mengungkapkan secara spesifik tujuan kebijakan baru Kim. Media hanya mengklarifikasi prinsip strategis dan taktis yang akan terus dipertahankan oleh rezim Kim Jong Un.
 
Kim telah menindaklanjuti rencana untuk persenjataan yang lebih mumpuni, termasuk senjata yang dimaksudkan untuk menghindari pertahanan rudal dan senjata yang dapat mengirimkan serangan nuklir ke kota-kota di AS.

Peluncuran rudal terbaru Korea Utara terjadi setelah Kabinet Jepang awal bulan ini menyetujui rancangan anggaran pertahanan ¥ 6,8 triliun ($ 51 miliar) untuk tahun fiskal 2023, bagian dari apa yang disebut Perdana Menteri Fumio Kishida sebagai "perubahan besar" dalam kebijakan pertahanan dan keamanan Tokyo.

Kabinet meloloskan revisi terhadap tiga dokumen keamanan utama yang meletakkan dasar bagi kebijakan pertahanan Jepang untuk tahun-tahun mendatang — termasuk kemampuan serangan balik yang akan memungkinkan Jepang untuk menyerang pangkalan musuh dan situs komando dan kendali.

Ancaman nuklir dan rudal Korea Utara telah menjadi pendorong utama perubahan kebijakan strategi keamanan nasional Jepang, yang direvisi dan menfokuskan peningkatan frekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Korea Utara bermaksud untuk meningkatkan kemampuan nuklirnya baik dalam kualitas maupun kuantitas dengan kecepatan maksimum. Ketika dipertimbangkan bersamaan dengan perkembangan pesat teknologi terkait misil, aktivitas militer Korea Utara menimbulkan ancaman yang bahkan lebih serius dan akan segera terjadi. Ancaman terhadap keamanan nasional Jepang daripada sebelumnya," tulis analis Strategi Keamanan Jepang 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya