Kasus COVID-19 Melonjak, Rumah Duka dan Krematorium di China Penuh

Petugas melakukan tes COVID-19 di rumah sakit sementara di Shanghai, China.
Sumber :
  • Chinatopix via AP

VIVA Dunia – Gambar satelit dari sejumlah kota di China menangkap adanya kerumunan di krematorium dan rumah duka negara itu, saat lonjakan COVID-19 di seluruh negeri terjadi setelah Beijing mencabut pembatasan pandemi.

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

Sebuah rumah duka di wilayah Chengdu, China, berhenti menawarkan layanan dan memberikan peringatan selama dua menit untuk setiap keluarga untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang dicintai sebelum dilakukan kremasi.

Sebuah rumah duka di pinggiran Beijing juga dengan cepat mengosongkan ruang untuk tempat parkir baru. Scalper di Shanghai menjual antrean di rumah duka seharga US$300 per pop kepada kerabat yang berduka yang mencoba mendapatkan slot kremasi.

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Keluarga di China kremasi mayat keluarganya sendiri

Photo :
  • Twitter

Melansir dari NDTV, Kamis, 12 Januari 2023, gambar satelit yang ditangkap oleh Maxar Technologies menunjukkan adanya peningkatan aktivitas di rumah duka di enam kota berbeda, dari Beijing di utara hingga Nanjing di timur, hingga Chengdu dan Kunming di barat daya.

GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya

Postingan di media sosial juga mengungkapkan adanya waktu tunggu yang lama dan staf yang kewalahan di fasilitas tambahan.

"Saya telah bekerja di sini selama enam tahun dan tidak pernah sesibuk ini," kata seorang resepsionis di Rumah Duka Jiangnan di Chongqing di China barat daya, yang menggambarkan antrean panjang mobil yang menunggu untuk masuk ke fasilitas tersebut pada hari-hari sebelum dan sesudah Natal.

"Freezer penuh dan kedelapan insinerator beroperasi 24/7. Telepon juga tidak berhenti berdering," katanya.

Warga menggunakan masker untuk melindungi diri dari COVID-19 di Beijing, China.

Photo :
  • AP Photo/Andy Wong

Banyaknya permintaan di empat rumah duka telah berhenti mengizinkan upacara peringatan dan sekarang hanya menawarkan layanan kremasi dan penyimpanan, sebuah indikasi bahwa mayoritas orang yang menunggu di fasilitas ini ada di sana untuk memproses orang-orang terkasih yang baru saja meninggal.

Sebagai informasi, China baru-baru ini beralih dari pendekatan 'Zero Covid' yang ketat, yang telah memicu kerusuhan massal setelah lebih dari dua tahun melakukan kontrol ketat terhadap kehidupan pribadi warganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya