Presiden Brasil Curiga Pemberontak yang Geruduk Istana Dibantu Orang Dalam

Pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyerbu gedung Kongres, pada hari Minggu, 8 Januari 2023.
Sumber :
  • AP Photo/Eraldo Peres.

VIVA Dunia – Brasil menerapkan operasi pembersihan, pada Kamis, 12 Januari 2023, setelah pembobolan yang dilakukan di gedung-gedung pemerintah di ibu kota, oleh pendukung Jair Bolsonaro. Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva juga mengatakan bahwa para perusuh kemungkinan mendapat bantuan dari orang dalam.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Lula mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah memerintahkan peninjauan menyeluruh terhadap staf istana kepresidenan setelah pemberontakan pada akhir pekan, yang membuat para pendukung Jair Bolsonaro menyerbu istana kepresidenan, Kongres dan Mahkamah Agung, serta menyebabkan kerusakan yang meluas.

"Saya yakin pintu istana Planalto (presiden) dibuka (secara sengaja) untuk orang masuk karena tidak ada pintu yang rusak," kata presiden di Brasilia, dikutip dari NDTV, Jumat, 13 Januari 2023.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Carla Carniel/as.

"Artinya ada yang memfasilitasi masuknya mereka," tambah Lula, yang juga menuding agen-agen licik dari kepolisian dan angkatan bersenjata.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Lula juga menambahkan bahwa mulai sekarang, pihaknya akan lebih keras, lebih berhati-hati, dan lebih bijaksana. Dia mengatakan setiap "Bolsonarista radikal" yang ditemukan masih bekerja untuk pemerintah pendahulunya akan segera ditangani.

"Bagaimana saya bisa memiliki orang di luar kantor saya yang mungkin akan menembak saya?," tanya presiden yang mengalahkan Bolsonaro dengan selisih tipis dalam pemungutan suara Oktober setelah kampanye pemilihan yang sangat memecah belah.

Human Rights Watch juga mendesak pemerintah untuk menyelidiki secara menyeluruh semua orang yang telah menghasut, mendanai, atau melakukan tindakan kekerasan untuk menentang hasil pemilu.

Pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro menyerbu Istana Presiden Brasil

Photo :
  • AP Photo/Eraldo Peres

Ia menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa Lula harus menanggapi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan memperkuat prinsip-prinsip demokrasi, menjunjung tinggi supremasi hukum, dan mengatasi masalah hak asasi manusia kronis yang diperparah selama masa kepresidenan Jair Bolsonaro.

Sebagai informasi, para perusuh Pro-Bolsonaro pada hari Minggu, 8 Januari 2023, menjarah kantor-kantor pemerintah, menghancurkan karya seni yang tak ternilai harganya, dan meninggalkan pesan grafiti yang menyerukan kudeta militer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya