Hanya di Afghanistan, Maneken Dibungkus Menyeramkan di Bawah Kekuasaan Taliban

Maneken dibungkus
Sumber :

VIVA Dunia – Pada umumnya sebuah meneken di sebuah toko-toko pakaian terlihat dari ujung kepala dan kaki, namun hal ini sepertinya sedikit berbeda dengan yang ada di Kabul, Afghanistan.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Semua toko yang ada di Kabul, Afghanistan justru memajang meneken tanpa menampilkan wajahnya. Jika dulu maneken di setiap toko baik yang berbaju perempuan maupun laki-laki memiliki kehidupan normal dan mereka bebas bersolek dengan wajah indah yang terpampang nyata.

Kini justru harus dipajang ditutup kerudung dan masker sesuai dengan yang aturan baru Taliban. Di mana meneken tersebut kepalanya dibungkus dengan menggunakan kantong plastik dan wajah yang ditutupi dengan aluminium foil.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Di bawah aturan Taliban, boneka di toko pakaian wanita di ibu kota Afghanistan, Kabul, seketika pemandangannya berubah menjadi mengerikan.

Maneken dibungkus di Afghanistan

Photo :
Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Maneken berkerudung ini rupanya menjadi salah satu simbol kekuasaan puritan Taliban atas Afghanistan. Namun di satu sisi, mereka juga merupakan pertunjukan kecil perlawanan dan kreativitas pedagang pakaian Kabul.

Melansir dari laman timesofindia, awalnya, Taliban ingin boneka itu langsung dipenggal.
Tidak lama setelah mereka merebut kekuasaan pada Agustus 2021, Kementerian Wakil dan Kebajikan Taliban memutuskan bahwa semua maneken harus disingkirkan dari jendela toko atau kepalanya dilepas, menurut media setempat. 

Mereka mendasarkan perintah tersebut pada interpretasi ketat hukum Islam yang melarang patung dan gambar berbentuk manusia karena dapat disembah sebagai berhala, meskipun itu juga terkait dengan kampanye Taliban untuk memaksa perempuan keluar dari mata publik.

Beberapa penjual pakaian menurut dan mengikuti peraturan baru tersebut. Tapi yang lain mendorong kembali. Mereka mengeluh bahwa mereka tidak dapat memajang pakaian mereka dengan benar atau harus merusak maneken yang berharga. 

Taliban harus mengubah pesanan mereka dan mengizinkan pemilik toko untuk menutupi kepala maneken. Pemilik toko kemudian harus menyeimbangkan antara mematuhi Taliban dan berusaha menarik pelanggan. Berbagai solusi yang mereka hasilkan dipajang di Jalan Lycee Maryam, jalan komersial kelas menengah yang dipenuhi toko pakaian di bagian utara Kabul. 

Jendela toko dan ruang pamer dipenuhi dengan maneken dalam gaun malam dan gaun yang penuh dengan warna dan dekorasi dan semuanya dalam berbagai jenis penutup kepala.

Di salah satu toko, kepala maneken dibungkus dengan karung yang dibuat khusus dari bahan yang sama dengan pakaian tradisional yang mereka modelkan. Satu, dalam gaun ungu bermanik-manik dengan cangkang cowrie, memiliki tudung ungu yang serasi. Yang lain, dalam gaun merah bersulam emas, tampak anggun dalam topeng beludru merah dengan mahkota emas di kepalanya.

“Saya tidak bisa menutupi kepala manekin dengan plastik atau benda jelek karena akan membuat jendela dan toko saya terlihat jelek,” kata Bashir, sang pemilik. 

Seperti pemilik lainnya, dia berbicara kepada The Associated Press dengan syarat dia hanya diidentifikasi dengan nama depannya karena takut akan pembalasan.

Gaun rumit selalu populer di Afghanistan untuk pernikahan, yang bahkan sebelum Taliban biasanya dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, memberi perempuan kesempatan untuk berpakaian terbaik di masyarakat konservatif negara itu. 

Di bawah Taliban, pernikahan adalah salah satu dari sedikit peluang yang tersisa untuk pertemuan sosial. Tetapi dengan pendapatan yang sangat terbatas, mereka menjadi kurang rumit.

Bashir mengatakan penjualannya setengah dari sebelumnya. “Beli baju pengantin, malam, dan adat tidak lagi menjadi prioritas masyarakat,” ujarnya. “Orang-orang berpikir lebih banyak tentang mendapatkan makanan dan bertahan hidup.”

Pemilik toko lainnya, Hakim, membentuk aluminium foil di atas kepala bonekanya. Itu menambah kilasan tertentu pada barang dagangannya, dia memutuskan. “Saya memanfaatkan ancaman dan larangan ini dan melakukannya sehingga manekin menjadi lebih menarik dari sebelumnya,” katanya.

Tidak semua bisa begitu rumit. Di satu toko, manekin dengan gaun tanpa lengan semuanya memakai karung plastik hitam di atas kepala mereka. Pemilik mengatakan dia tidak mampu membeli lebih banyak.

Pemilik toko lainnya, Aziz, mengatakan agen dari Kementerian Kebajikan dan Kebajikan secara teratur berpatroli di toko dan mal untuk memastikan manekin dipenggal atau ditutupi. Dia menolak pembenaran Taliban untuk aturan tersebut.

“Semua orang tahu boneka bukanlah berhala, dan tidak ada yang akan memujanya. Di semua negara Muslim, manekin digunakan untuk memajang pakaian.”

Sejumlah kecil manekin laki-laki dapat dilihat di etalase, juga dengan kepala tertutup, menunjukkan bahwa pihak berwenang menerapkan larangan tersebut secara seragam. Taliban awalnya mengatakan, jika mereka tidak akan memaksakan aturan keras yang sama terhadap masyarakat seperti yang mereka lakukan selama aturan pertama mereka di akhir 1990-an.

Tetapi mereka secara bertahap memberlakukan lebih banyak pembatasan, terutama pada perempuan. Mereka telah melarang perempuan dan anak perempuan bersekolah di atas kelas enam, melarang mereka dari sebagian besar pekerjaan dan menuntut mereka menutupi wajah mereka saat berada di luar.

Baru-baru ini, seorang wanita yang berbelanja di Jalan Lycee Maryam memandangi manekin berkerudung.

“Ketika saya melihat mereka, saya merasa boneka-boneka ini juga ditangkap dan dijebak, dan saya merasa takut,” kata wanita yang hanya menyebutkan nama depannya, Rahima.

“Saya merasa seperti melihat diri saya di balik jendela toko ini, seorang wanita Afghanistan yang telah dirampas semua haknya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya