Turki Tangkap 200 Orang atas Dugaan Terlibat Konstruksi Bodong

Gedung-gedung hancur akibat gempa Bumi magnitudo 7,8 di Antakya, selatan Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Khalil Hamra.

VIVA Dunia – Kementerian Kehakiman Turki mengatakan bahwa hampir 200 orang berhasil ditangkap terkait dugaan konstruksi bangunan yang buruk setelah bencana gempa bumi yang melanda Turki awal bulan ini.

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

Diketahui, sekitar 50.000 orang tewas di seluruh Turki dan Suriah setelah gempa bumi melanda pada 6 Februari 2023.

Kementerian itu mengatakan bahwa 626 orang telah resmi menjadi tersangka setelah banyak bangunan runtuh atau rusak parah setelah gempa bumi. Polisi masih mencari tersangka lainnya. Beberapa tersangka tewas dalam gempa tersebut.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Pada hari Sabtu, 25 Februari 2023, Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag, mengatakan bukti telah dikumpulkan di ribuan bangunan.

Pemadam kebakaran mengevakusi mayat korban gempa di Gaziantep, Turki.

Photo :
  • AP Photo/Kamran Jebreili.
Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Melansir dari CNN Internasional, Senin, 27 Februari 2023, lebih dari 5.700 bangunan di Turki telah runtuh, menurut badan bencana negara itu, dan muncul banyak pertanyaan mengenai integritas bangunan di beberapa daerah yang terkena dampak.

“Hal yang paling sering terjadi adalah jenis keruntuhan yang kami sebut keruntuhan panekuk, yang merupakan jenis keruntuhan yang kami para insinyur tidak suka melihatnya,” kata Mustafa Erdik, seorang profesor teknik gempa di Universitas Bogazici di Istanbul.

"Dalam keruntuhan seperti itu, sulit, seperti yang anda lihat dan sangat tragis untuk menyelamatkan nyawa. Itu membuat operasi tim pencarian dan penyelamatan menjadi sangat sulit.”

Erdik juga mengatakan kepada CNN gambar-gambar kehancuran dan puing-puing yang meluas menunjukkan bahwa ada kualitas desain dan konstruksi yang sangat bervariasi. Dia mengatakan jenis kegagalan struktur setelah gempa biasanya runtuh sebagian.

“Keruntuhan total adalah sesuatu yang selalu anda coba hindari baik dalam model maupun desain sebenarnya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya