Kecelakaan Maut Kereta Api di Yunani: Bendera Setengah Tiang Hingga Kepala Stasiun Ditangkap

Tabrakan antar kereta penumpang dan kereta barang di Yunani mengakibatkan kerusa
Sumber :
  • AP Photo/Vaggelis Kousioras

VIVA Dunia – Korban tewas akibat tabrakan dua kereta api di Yunani tengah kemungkinan akan meningkat. Para pejabat mengakui bahwa sejumlah orang belum dihitung selama hampir 24 jam setelah menyebabkan sedikitnya 43 orang tewas dan banyak lagi yang terluka.

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Layanan penyelamatan bekerja melawan waktu untuk menemukan korban selamat dalam kecelakaan kereta api yang belum pernah terjadi di Eropa dalam beberapa dekade. Hampir sebagian besar korban yang tewas adalah pelajar. Menjelang tengah hari, 35 mayat telah dibawa ke rumah sakit umum di Larissa, kota terdekat, beberapa terbakar hingga tidak bisa dikenali, memaksa kerabat untuk memberikan sampel DNA.

"Kami menghadapi tragedi yang tak terbayangkan," kata Presiden Yunani, Katerina Sakellaropoulou, dalam sebuah pernyataan, melansir The Guardian. “Kami terutama, berkabung bagi kaum muda.” lanjutnya.

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Kecelakaan kereta api di Yunani

Photo :
  • Sky News

Rabu malam, kepala koroner Larissa, Roubini Leondari, mengatakan 43 jenazah telah dibawa kepadanya untuk diperiksa dan memerlukan identifikasi DNA.

Remaja 17 Tahun Betah Tinggal di Gerbong Kereta Api, Habiskan Ratusan Juta dalam Setahun

Saat belasungkawa mengalir dari seluruh dunia. Rekaman penyelamat yang bergegas ke lokasi kecelakaan di dekat ngarai sekitar 380 km utara Athena dalam upaya putus asa untuk menemukan korban selamat di tengah reruntuhan yang hancur membuat seluruh negara bergidik.

Kedua kereta, satu membawa 342 penumpang, yang lain mengangkut kargo dari Thessaloniki ke Larissa, bertabrakan pada pukul 23.20 pada hari Selasa di luar kota Tempe setelah kereta malam yang menuju Thessaloniki, yang berangkat dari Athena, secara misterius berpindah jalur dan menyimpang ke jalur kargo.

Kedua kereta tersebut kemudian menempuh jarak beberapa kilometer di sepanjang jalur yang sama sebelum bertabrakan dengan kecepatan tinggi. Saksi yang bergegas ke tempat kejadian menggambarkan dua gerbong depan kereta penumpang, tempat sebagian besar siswa korban duduk, hancur total.

Akibatnya, gerbong meledak menjadi api, mengirimkan lembaran baja besar ke udara. Para penyintas kemudian berbicara tentang dikeluarkan dari jendela gerbong; yang lain menggambarkan bagaimana mereka harus berjuang melewati kepulan asap tajam untuk membebaskan diri setelah kereta melengkung. Banyak yang kemudian tertangkap kamera di reruntuhan dalam keadaan bingung dan linglung.

Sejak awal, sorotan tidak hanya tertuju pada kepala stasiun yang kini telah ditahan berwajib, disalahkan atas “kesalahan manusia” yang menyebabkan tabrakan, tetapi, juga kondisi perkeretaapian negara yang mengerikan.

Karena hal ini, Menteri Transportasi Yunani, Kostas Karamanlis, mengumumkan pengunduran dirinya setelah mengunjungi lokasi kecelakaan, mengatakan jaringan atau rel itu sangat cacat sehingga "tidak sesuai dengan abad ke-21". "Ketika sesuatu yang sangat tragis terjadi, tidak mungkin untuk melanjutkan dan berpura-pura tidak terjadi," katanya kepada wartawan.

Tabrakan antar kereta penumpang dan kereta barang di Yunani mengakibatkan kerusakan total pada beberapa gerbong kereta, dan menewaskan sedikitnya 36 orang serta melukai 85 orang lainnya pada Rabu, 1 Maret 2023.

Photo :
  • AP Photo/Vaggelis Kousioras

Mundur dari jabatannya bukan hanya "tanda penghormatan terhadap ingatan orang-orang yang meninggal secara tidak adil", tetapi, tambahnya, asumsi tanggung jawab "atas kesalahan negara Yunani dan sistem politik Yunani selama perjalanan sejarah".

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, yang juga bergegas ke Tempe, menyerukan masa berkabung resmi selama tiga hari, memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang.

Menjanjikan penyelidikan penuh dan independen, Mitsotakis menyebut tabrakan itu "kecelakaan kereta api yang mengerikan tanpa preseden di negara kita". “Hanya ada satu hal yang bisa saya jamin: kita akan mempelajari penyebab tragedi itu dan kita akan melakukan apa pun yang kita bisa agar hal seperti ini tidak pernah terjadi lagi,” katanya. Dalam pidato larut malam, Mitsotakis bersumpah bahwa tanggung jawab akan diberikan sepenuhnya dalam insiden mengerikan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya