Jika Dinyatakan Bersalah, Donald Trump Akan di Penjara Selama 136 Tahun

Donald Trump tiba di pengadilan New York
Sumber :
  • CBS News

VIVA Dunia – Publik pasti sudah mendengar jika mantan presiden AS Donald Trump didakwa dengan 34 tuduhan kejahatan memalsukan catatan bisnis tingkat pertama. Mantan presiden itu tidak hanya terlihat sangat tidak bahagia saat dia masuk ke ruang sidang, tetapi dia juga tampak sangat marah. 

Dapat Tekanan Sana-Sini Saat Ingin Tangkap Netanyahu, ICC Murka dengan Ancaman AS

"Terdakwa Donald J. Trump berulang kali dan dengan curang memalsukan catatan bisnis New York untuk menyembunyikan tindakan kriminal yang menyembunyikan informasi yang merusak dari masyarakat pemilih, selama pemilihan presiden 2016," kata sebuah dokumen pernyataan fakta yang dirilis dengan dakwaan dari jaksa sidang Alvin Bragg, melansir Variety

Untuk pertama kalinya Trump benar-benar dimintai pertanggungjawaban atas kejahatan di hidupnya. 

Lama Vakum dan Kini Harus Kerja Keras Lagi, Irish Bella Ngaku Kaget dan Kelelahan

Donald Trump tiba di pengadilan New York

Photo :
  • The Guardian

Diketahui, ia didakwa dengan 34 dakwaan dan jika Trump dinyatakan bersalah atas semua kejahatannya, maka dia dapat dijatuhi hukuman penjara selama 136 tahun. Meskipun vonis bukanlah hal yang pasti, dan hakim yang simpatik dapat menggunakan pedoman hukuman yang paling rendah, Trump, yang kini berusia 76 tahun, jelas akan mati di penjara jika dia mendapatkan waktu maksimum di balik jeruji besi. 

Dijuluki Wanita Tangguh, Irish Bella: Alhamdulillah, Tapi Aku Masih Jauh Ya

Tentu saja, Donald Trump memberikan pembelaan diri tidak bersalah atas 34 tuduhan kejahatan pemalsuan catatan bisnis dan konspirasi terkait perannya yang lain. 

Menurut dakwaan, jaksa penuntut menuduh mantan presiden itu membayar $130.000 untuk membungkam bintang film porno Stormy Daniels, yang mengatakan dia melakukan hubungan seksual dengan Trump pada tahun 2006. 

Pembayaran dilakukan oleh pengacaranya saat itu Michael Cohen, yang mengatakan dia bertindak atas arahan Trump. Trump kemudian mengganti biaya Cohen saat menjabat sebagai presiden Amerika Serikat.

Bintang film dewasa Stormy Daniels yang tersangkut skandal seks Donald Trump

Photo :
  • AP Photo/Mary Altaffer

Jaksa Penuntut New York menuduh bahwa Trump melanggar undang-undang catatan negara karena dicatat secara salah sebagai biaya hukum, yang juga berarti Trump menghindari membayar pajak atas uang tersebut. 

Jaksa menggandakan waktu tindakan Trump, yang menurut mereka dapat merusak kampanyenya selama pemilu 2016. Mereka juga meminta perintah perlindungan untuk materi penemuan, termasuk postingan eskalasi Trump di platformnya, Truth Social, seperti ketika dia bersumpah mati dan hancur jika dia didakwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya