Tak Dapat Suara Mayoritas, Erdogan dan Pesaingnya Akan Maju Putaran Kedua Pemilu Turki

Bendera Turki.
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA Dunia – Pemilihan presiden Turki resmi menuju pemungutan suara putaran kedua. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pemilihan Turki Ahmet Yener.

Turki Hentikan Perdagangan dengan Israel Buntut Pengiriman Bantuan ke Gaza Terhambat

Presiden Recep Tayyip Erdogan meraih 49,5 persen suara, pada Minggu, 14 Mei 2023. Sementara itu penantang utamanya, Kemal Kilicdaroglu mendapatkan 44,89 persen suara. 

"Karena tidak ada yang mendapatkan lebih dari 50 persen suara, mereka akan berhadapan di putaran kedua pada 28 Mei," kata Ahmet, dikutip dari Al Jazeera, Senin, 15 Mei 2023. 

Turki dan Afrika Selatan Kerjasama Menuntut Tanggung Jawab Israel atas Kasus Genosida di Palestina

Ini baru ketiga kalinya masyarakat Turki memilih presiden secara langsung. Petahana Erdogan berhasil memenangkan kedua pemilihan sebelumnya di putaran pertama. 

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • foxnews.com
Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Sinan Ogan dari Aliansi ATA, kandidat ketiga presiden Turki, hanya menerima 5,17 persen. Secara khusus, suara untuk Ogan adalah penentu dalam pemilihan pada putaran kedua. 

Dua minggu adalah waktu yang lama dalam siklus pemilihan, dan siapa pun yang akhirnya memenangkan kursi kepresidenan akan ditentukan juga oleh aliansi siapa yang akan mengendalikan parlemen. 

Kantor berita Turki menerbitkan hasil awal yang menunjukkan Partai AK memenangkan 266 kursi, sementara Partai Rakyat Republik (CHP) pimpinan oposisi utama Kemal Kilicdaroglu memenangkan 166 kursi di parlemen. 

Pemilu 2023 di Turki menjadi sangat penting karena tanggalnya merupakan tahun yang menandai peringatan seratus tahun Republik Turki.  Pendiri negara Mustafa Kemal Ataturk juga mendirikan Partai Rakyat Republik (CHP), yang sebagian besar memerintah di bawah sistem satu partai selama 27 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya