Raih Suara Mayoritas, Partai Move Forward di Thailand Klaim Kemenangan

Ketum Partai Move Forward, Pita Limjaroenrat,
Sumber :
  • Sakchai Lalit/AP Photo

VIVA Dunia – Partai Move Forward di Thailand telah mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum (pemilu), pada Senin, 15 Mei 2023, setelah merilis hasil yang menakjubkan. Partai kecil tersebut berhasil “menghancurkan” partai-partai yang didukung militer, yang telah memerintah kerajaan selama hampir satu dekade. 

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Lonjakan besar-besaran untuk Move Forward (MFP) dalam pemungutan suara, pada Minggu, 14 Mei 2023, membalikan posisinya menjadi partai terbesar, diikuti oleh oposisi saingannya Pheu Thai

Pemilih Thailand munginginkan reformasi, dan memberikan suara besar bagi Move Forward untuk menjatuhkan mantan pemimpin kudeta Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha, yang disalahkan atas stagnasi ekonomi dan tindakan keras terhadap hak-hak warga Thailand. 

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Pita Limjaroenrat

Photo :
  • Sakchai Lalit/AP Photo

Pemimpin Move Forward, Pita Limjaroenrat, mengatakan dia akan berusaha untuk membangun koalisi enam partai termasuk Pheu Thai, yang telah siap untuk bergabung, meski negosiasi detailnya belum dimulai. 

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

"Saya Pita Limjaroenrat, perdana menteri berikutnya Thailand," katanya kepada wartawan di kantor pusat Move Forward di Bangkok, dikutip dari NDTV, Selasa, 16 Mei 2023. 

"Kami siap membentuk pemerintahan," tambahnya. 

Dia juga bersumpah untuk menjadi perdana menteri bagi semua orang yang menginginkan keadilan. Pita mengatakan dia telah menelepon Paetongtarn Shinawatra, salah satu calon perdana menteri dari partai Pheu Thai, untuk memberi selamat atas kampanyenya dan mengundangnya untuk bergabung dengan koalisi. 

"Sentimen udara telah berubah, itu benar. Ini adalah waktu yang tepat, orang sudah cukup melaluinya," katanya. 

"Hari ini adalah hari baru, dan semoga penuh dengan sinar matahari dan harapan." 

Pemilu Thailand

Photo :
  • Sakchai Lalit/AP Photo

Di antara mereka, MFP dan Pheu Thai, diperkirakan akan merebut 292 dari 500 kursi di majelis rendah, dengan dua partai utama sekutu tentara hanya mengumpulkan total 76 kursi. 

Namun di kerajaan, di mana kudeta dan perintah pengadilan sering mengalahkan kotak suara, ada kekhawatiran bahwa hasilnya mungkin akan digagalkan. 

Move Forward dalam kampanyenya telah berjanji untuk mereformasi undang-undang penghinaan kerajaan yang ketat di Thailand, dan menempatkannya pada jalur yang berbeda dengan pendirian militer-royalis kerajaan yang kuat.

"Saya merasa negara saya memiliki (harapan) untuk masa depan," kata Beam, asisten pribadi dan pemilih Move Forward. 

"Orang-orang benar-benar membuka mata mereka." 

Dengan surat suara dihitung dari 99 persen di setiap tempat pemungutan suara, data Komisi Pemilihan menunjukkan Move Forward meraih 14,1 juta suara populer diikuti oleh Pheu Thai pada 10,8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya