Presiden Ukraina Zelensky Hadir di KTT G7 Jepang, Desak Perdamaian untuk Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir di KTT G7 Jepang
Sumber :
  • DW

VIVA Dunia – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskymeminta bantuan diplomatik dan militer saat ia hadir di Hiroshima, Jepang pada hari Minggu, ketika ia berbicara dengan sekutu KTT G7 dan beberapa negara lainnya yang juga mengutuk invasi Rusia

Tumbuh 5,11 Persen, Ekonomi RI Kuartal I-2024 Lebih Tinggi Dibanding Negara-negara Ini

"Semakin kita semua bekerja sama, semakin kecil kemungkinan orang lain di dunia akan mengikuti jalan gila Rusia. Tapi apakah ini cukup?" ujar Zelensky di tweetnya, melansir DW, Senin, 22 Mei 2023.

Zelensky menghabiskan sebagian besar pagi hari dalam pertemuan dengan para pemimpin dunia, dan kemudian meletakkan karangan bunga dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima.

Sindir Wacana Presidential Club, PDIP: Menunjukkan Indikasi Prabowo Kurang Pede

Situs itu memperingati para korban bom atom yang dijatuhkan militer AS pada tahun 1945.

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di sela KTT G7 di Hiroshima, Jepang.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Saat Zelensky berada di Hiroshima, pihak Rusia mengatakan bahwa mereka telah berhasil mengambil alih kota Bakhmut. Namun, Zelensky mengklarifikasi dalam konferensi pers di akhir KTT bahwa pasukan Rusia tidak mengendalikan Bakhmut, dengan mengatakan kota itu "tidak diduduki oleh Federasi Rusia sampai hari ini."

Pemimpin Ukraina pada hari sebelumnya mengakui bahwa hanya sedikit yang tersisa dari kota itu, mengatakan kepada pihak media bahwa mereka "harus memahami bahwa tidak ada apa-apa" karena pasukan Rusia telah "menghancurkan segalanya".

Selain itu, Presiden AS Joe Biden bertemu Zelensky pada pagi hari di KTT dan mengatakan bahwa akan memberi paket bantuan militer tambahan senilai $375 juta atau Rp5 triliun untuk Kyiv guna membantu pihaknya dalam perang melawan Rusia. Langkah itu dilakukan sehari setelah AS mengatakan akan melatih pilot Ukraina untuk menggunakan jet tempur F-16 dan akan mengizinkan sekutunya untuk memasok pesawat.

Biden mengatakan dalam konferensi pers di akhir KTT bahwa sekutu Kyiv "tidak akan goyah, Putin tidak akan mematahkan tekad kami seperti yang dia pikirkan." Dia mengatakan pemimpin Ukraina juga telah memberinya "jaminan datar" bahwa Kyiv tidak akan menggunakan F-16 untuk menyerang wilayah Rusia.

Zelensky kemudian juga bertemu dengan para pemimpin lain, seperti Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, di sela-sela KTT. Ia berterima kasih kepada Yoon, yang pertama kali dia temui, atas bantuan kemanusiaan dan tidak mematikan ke Ukraina, khususnya, untuk kendaraan ranjau.

Zelensky juga mengumpulkan negara-negara di sekitar rencana perdamaian sepuluh poin, dengan mengatakan rencana itu dibuat untuk memastikan bahwa "setiap orang di dunia dapat memilih jalur yang dapat mereka kontribusikan."

Kunjungan mendadaknya ke Hiroshima bukan hanya kesempatan bagi Zelensky untuk berunding dengan para pemimpin G7, tetapi juga untuk menyampaikan pesan kepada para kepala negara Global South yang masih ragu-ragu mengutuk invasi Rusia.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pandangannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 sesi kesembilan di Hiroshima, Jepang, Minggu, 21 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA

Salah satu pemimpin skeptis yang hadir di KTT itu adalah Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva. Zelensky tidak bertemu dengan Lula. 

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang menghindari kecaman langsung terhadap Rusia, berbicara dengan Zelensky pada hari Sabtu, menyatakan simpati kepada pemimpin Ukraina dan warganya. Zelensky menyatakan optimisme tentang pertemuan hari Sabtu, percaya bahwa India "akan berkontribusi pada pemulihan tatanan internasional berbasis aturan yang jelas dibutuhkan oleh semua negara bebas," menurut laporan DW. 

Selain itu, sekutu Barat jugamenjanjikan dukungan yang berkelanjutan. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya akan mendukung Ukraina selama diperlukan dan akan terus melatih militer Ukraina. Pasukan Kanada telah melatih personel militer dan keamanan Ukraina dalam keterampilan lanjutan sejak 2015.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir di KTT G7 Jepang

Photo :
  • DW

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga turut memuji perjalanan Zelensky ke Jepang sebagai "jalan menuju perdamaian", menganggapnya sebagai "kehormatan" untuk menyediakan pesawat yang mengangkut pemimpin Ukraina ke Hiroshima.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa rencana perdamaian apa pun seharusnya tidak hanya membekukan konflik tetapi menegaskan bahwa "Rusia tidak boleh berasumsi bahwa hal itu dapat melemahkan dukungan untuk Ukraina dengan bertahan."

Bahkan sebelum kedatangan Zelensky pada hari Sabtu, kelompok G7 telah mengumumkan serangkaian sanksi baru dan tindakan lain yang dimaksudkan untuk menghukum Moskow dan presidennya, Vladimir Putin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya